Demi fasilitasi pekerja, BPTJ tambah bus premium Bogor-Jakarta

id bptj,bus premium bogor-jakarta,integrasi moda transportasi

Arsip - Wali Kota Bogor Bima Arya (kedua kanan) didampingi Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono (kanan) melepas Bus Transjabodetabek Premium rute Bogor-Jakarta saat uji coba, di Pool Damri, Botani Square, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/10/2017). (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menambah dua unit Bus Premium JR Connexion untuk memfasilitasi masyarakat di Kabupaten Bogor, khususnya di sekitar perumahan Cileungsi yang bekerja di Jakarta.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono dalam peluncuran Bus JR Connexion di Perum Grand Nusa Cileungsi Bogor, Rabu, mengatakan masyarakat di sekitar Cileungsi kini memiliki alternatif moda transportasi sehari-hari menuju tempat kerjanya.

Sebanyak dua unit Bus Premium dengan operator PT Bayu Holong Persada resmi diluncurkan untuk melayani rute Perum Grand Nusa Indah, Cileungsi - Plaza Festival, Kuningan Jakarta Selatan.Setiap pagi bus tersedia untuk pemberangkatan pada pukul 04.30 WIB dan 05.00 WIB.

Sementara itu untuk rute arah balik pada sore harinya dari Plaza Festival ke Perum Grand Nusa Indah, layanan bus ini tersedia pada pukul 16.30 WIB dan 17.00 WIB.

Masyarakat pengguna Bus Premium ini bisa menikmati tarif promosi sebesar Rp15.000 yang berlaku hingga 11 Juli. Selanjutnya tarif akan berlaku normal sebesar Rp20.000.

Selain akses wifi, AC dan reclining seat, bus ini juga menyediakan layanan kopi gratis bagi para penumpangnya.

Bambang menyebutkan bahwa keberadaan bus premium JR Connexion ini secara langsung akan ikut berdampak menyukseskan kebijakan transportasi Asian Games 2018 pada Agustus nanti.

"Untuk kelancaran penyelenggaraan Asian Games kebijakan ganjil genap untuk kendaraan pribadi diperluas, maka keberadaan bus premium ini sangat membantu pengguna kendaraan pribadi untuk beralih ke angkutan massal," kata Bambang.

Baca juga: ERP ditarget berlaku 2019

Baca juga: BPTJ siapkan 60 bus fasilitasi aturan ganjil-genap di Tol Bekasi


Layanan bus ini merupakan rute ke-8 program JR Connexion di sekitar wilayah Cibubur, sekaligus juga merupakan bus ke 456 dari keseluruhan pelayanan bus premium di wilayah Jabodetabek.

Program JR Connexion digagas BPTJ Kementerian Perhubungan guna mendorong penyediaan angkutan umum massal Bus Premium sebagai alternatif angkutan komuter di Jabodetabek, agar semakin banyak pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan kendaraan umum.

Sejauh ini sudah terdapat 61 Bus premium di wilayah pemukiman sekitar Cibubur dengan titik pemberangkatan dari?Harvest City, Kota Wisata, Kota Legenda, Metland Transyogi, Citra Grand, Cibubur Country dan Cibubur Junction dengan tujuan Blok M, Mangga Dua, Grogol, Thamrin City, Mega Kuningan, Sudirman, Kemang dan Pasar Baru.

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar