Kuala Lumpur (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim menyampaikan selamat atas terpilihnya Recep Tayyip Erdogan sebagai Presiden Republik Turki untuk yang kedua kalinya.

"Selamat paling tulus untuk memenangkan masa jabatan kedua dalam Pemilu yang baru-baru ini berakhir. Saya juga mengucapkan selamat kepada rakyat Turki atas partisipasi damai mereka dalam proses demokrasi bangsa mereka," ujar Anwar kepada media, Senin.

Dia mengatakan mandat gemilang yang diberikan oleh rakyat adalah bukti kepemimpinan Erdogan tidak hanya di Turki tetapi wilayah sekitarnya.

"Saya yakin bahwa komitmen Anda untuk demokrasi, perbaikan terus-menerus orang-orang Turki, promosi perdamaian dan pemberantasan unsur-unsur subversif yang merupakan janji-janji kunci pemilihan oleh Partai AK memberikan kontribusi besar bagi kemenangan anda kali kedua ini," katanya.

Baca juga: Sejumlah pemimpin dunia ucapkan selamat atas sukses Erdogan

Anwar mengatakan kemajuan Turki dan tempatnya di dunia akan lebih terjamin di bawah pengawasan dinamis Erdogan.

"Saya juga yakin bahwa kemenangan Anda juga merupakan kemenangan bagi dunia Islam dalam menggambarkan wajah Islam modern dan progresif yang mencakup perubahan tanpa mengorbankan nilai-nilai iman kita dan ajaran-ajaran mendasar Nabi (SAW)," katanya.

"Pernyataan Anda tentang "satu bangsa, satu bendera, satu negara, satu negara" dalam pidato kemenangan Anda adalah tanda sejati seorang negarawan dalam menyatukan pihak-pihak yang bertikai setelah pemilihan yang keras," katanya.

"Kami di Malaysia juga akan melalui babak yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah bangsa kami setelah kemenangan partai koalisi saya untuk pertama kalinya. Menutup peringkat dan menyatukan faksi yang berbeda adalah tugas pertama kami dalam membawa bangsa kita ke depan," katanya.

Baca juga: Erdogan: Bangsa Turki berikan dunia pelajaran demokrasi

Ketika memulai masa jabatan kedua sebagai presiden Turki, ujar Anwar, dirinya menantikan untuk melanjutkan hubungan kerja tersebut meskipun kali ini bukan sebagai pemimpin oposisi Malaysia tetapi sebagai peserta dalam pemerintahan dan kepemimpinan baru di Malaysia.

"Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk juga menyampaikan penghargaan saya atas dukungan dan persahabatan Anda yang berkelanjutan selama ini, terutama selama penahanan saya," katanya.

Anwar menyampaikan terima kasih atas keramahan yang ditunjukkan kepada dirinya selama kunjungan dirinya baru-baru ini ke Istanbul.

"Azizah (Wan Azizah Wan Ismail) dan saya berharap Anda dan Emine sehat dan bahagia ketika Anda memulai bab berikutnya dalam hidup Anda sebagai presiden yang terpilih kembali dan kembali ke Ibu Negara Negara Agung Turki," katanya.

Baca juga: Prabowo Subianto bertemu Anwar Ibrahim

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018