Jelang Lebaran, harga cabai merah di Jambi naik

id cabai,harga cabai,cabai merah,lebaran,ramadhan

Ilustrasi - cabai merah. (ANTARA /Sigid Kurniawan)

Jambi (ANTARA News) - Harga cabai merah keriting yang dijual pedagang berarapa hari jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018, mulai naik Rp3.000 per kilogramnya dari hari sebelumnya yakni Rp35 ribu per kilogram menjadi Rp38 ribu per kilo gram.

Pantauan harga cabe meraih keriting di pasar induk Angso Duo, Kota Jambi, mengalami kenaikan namun kenaikan tersebut tidak terlalu drastis atau tingga hal ini dikarenakan meningkatnya permintaan sedangkan pasokan mulai berkurang.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Penindakan Satgas Pangan Provinsi Jambi, AKBP Guntur Saputro mengatakan, sebelumnya harga cabai merah keriting dijual pedagang di pasar tradisional seharga Rp35 ribu per kilogram, namun dalam beberapa hari terakhir ini jelang Lebaran mengalami kenaikan berkisar Rp36-38 ribu per kilogram.

"Untuk cabai merah memang ada kenaikan harga. Namun kenaikannya masih di bawah nilai jual pada tahun lalu dan untuk pasokan atau ketersediaaan barang juga terjadi pengurangan sedikit," kata Guntur Saputro.

Sementara itu untuk harga kebutuhan pokok lainnya, Guntur mengatakan saat ini masih stabil. seperti daging sapi saat ini persediaan dan harga masih aman dan terkendali walaupun terjadi kenaikan beberapa ribu rupiah dalam beberapa hari terakhir jelang lebaran karena permintaan meningkat.

Pemerintah Provinsi Jambi melalui Bulog juga telah mengantisipasi untuk tidak terjadi lonjakan harga daging sapi dengan menjual daging beku impor dari India dan Australia yang didatangkan dari Jakarta dan harga jual daging beku di Jambi dijual senharga Rp80 ribu per kilogram.

Baca juga: Gerah? Makanan pedas buat Anda lebih adem ketimbang es krim

Pewarta : Nanang Mairiadi
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar