Jambi (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian secara resmi meresmikan kenaikkan tipe Polda Jambi dari tipe B menjadi tipe A melalui upacara yang digelar di Mapolda Jambi, Jumat.

Kapolri Tito Karnavian dalam sambutannya, dihadapan ratusan personil kepolisian daerah Jambi maupun Plt Gubernur Jambi, para Wali Kota dan Bupati serta Forkompinda, mengatakan penilaian kenaikkan tipe Polda Jambi dikarenakan cepatnya pembangunan di daerah ini maka akan terjadi juga peningkatan potensi gangguan keamanan.

Untuk itu Polda Jambi sudah selayaknya naik menjadi Polda tipe A dengan alasan untuk membantu pembangunan itu perlu pelayanan publik yang lebih baik lagi yang dibisa dilakukan kepolisian daerah.

Penilai itu sudah dilakukan oleh Mabes Polri bersama kementerian terkait sehingga sudah pantaslah polda tersebut dinaikkan tipenya satu tingkat diatas sebelumnya.

Tito mengatakan, beberapa faktor yang menjadi perhatian kenaikkan tipe polda tersebut diantaranya meningkatnya faktor faktor gangguan keamanan di daerah tersebut seperti tindak kejahatan umum dan kejahatan korupsi, lingkungan hidup serta konflik ditingkat masyarakat.

"Dengan situasi yang aman di Jambi maka permbangunan diberbagai sektor dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti yang terjadi di Provinsi Jambi, sehingga pantas Polda Jambi menjadi polda tipe A," katanya.

Kemudian konsekwensi naikknya tipe polda adalah naikknya juga eselon para pejabatnya dan nanti dalam waktu dekat setelah diusulkan maka Polda Jambi akan dipimpin oleh kapolda yang berbintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi dan Wakapolda nya berpangkat Brigadir jenderal (Brigjen) polisi.

Kapolri juga mengingatkan kenaikkan tipe Polda Jambi juga harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang harus lebih baik dari saat ini dan juga harus memberikan rasa aman yang lebih kepada masyarakat di Provinsi Jambi.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018