Indo Barometer: 68,6% publik puas kinerja personal Jokowi

id presiden jokowi,joko widodo,wapres JK,m jusuf kalla,kinerja pemerintahan,indo barometer,m qodari

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Hasil survei lembaga kajian Indo Barometer mengemukakan bahwa 68,6 persen publik puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara personal selama 3,5 tahun terakhir.

"Dari evaluasi kinerja pemerintahan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi 68,6 persen, sedangkan yang kurang atau tidak puas 29,4 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari dalam rilis Survei Nasional Evaluasi 3,5 Tahun Joko Widodo-Jusuf Kalla: Quo Vadis Nawacita, di Jakarta, Selasa.

Dalam survei tersebut, menurut dia, tingkat kepuasan publik dibagi antara Presiden Jokowi dan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK) secara personal.

Hasilnya, menurut dia, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tercatat 61,2 persen dan yang kurang atau tidak puas senilai 34,8 persen.

Baca juga: Survei Indikator: Mayoritas publik puas kinerja Jokowi

Adapun secara umum, ia menilai, tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-JK secara keseluruhan mencapai 65,1 persen dengan persentase publik yang tidak puas senilai 32 persen.

Ia menyatakan, survei itu dilakukan di 34 provinsi di Indonesia pada 15 hingga 22 April 2018 dengan melibatkan 1.200 responden berusia 17 tahun atau sudah menikah saat survei dilakukan, dengan batas kekeliruan (margin of error) senilai plus minus 2,83 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Baca juga: Indonesia Indicator: nilai rapor kinerja pemerintahan Jokowi 7,7

Baca juga: Presiden jadikan hasil survei kinerja sebagai koreksi

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar