Berita kemarin, Merapi kembali erupsi dan sanksi untuk pemberi rokok ke orangutan

id merapi,presiden jokowi,bandara minangkabau,menteri sosial,kpk,uber,orangutan

Petugas menunjukkan catataan seismograf letusan freatik Gunung Merapi di kantor BPPTKG DI Yogyakarta, Senin (21/5/2018). Gunung Merapi tercatat meletus freatik pada Senin (21/5/2018) pukul 01.25 WIB selama 19 menit dengan tinggi kolom 700 meter dan pukul 09.38 WIB selama 6 menit dengan ketinggian kolom mencapai 1.200 meter, tetapi status Gunung Merapi aktif normal. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Jakarta (ANTARA News) - Gunung Merapi kembali erupsi freatik dan pemberi rokok ke orangutan diberi sanksi, merupakan dua dari lima berita kemarin pilihan ANTARA News yang masih layak baca.

Berikut selengkapnya:

1. Gunung Merapi kembali erupsi freatik Selasa dini hari
Sleman (ANTARA News) - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta menyebutkan pascakenaikan status aktivitas Gunung Merapi menjadi waspada pada Senin (21/5) telah kembali terjadi erupsi freatik pada Selasa dini hari sekitar pukul 01.47 WIB.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida mengatakan erupsi freatik susulan tersebut dengan tinggi kolom asap 3.500 meter condong ke barat durasi 3 menit.

"Erupsi susulan tersebut juga disertai dengan suara gemuruh yang cukup keras," katanya.

Baca beritanya di sini.

Baca juga: Ratusan warga mengungsi trauma letusan Merapi

2. Kereta bandara ketiga di Indonesia diresmikan Presiden
Jakarta (ANTARA News) - Kereta Bandara ketiga di Indonesia yakni Kereta Api (KA) Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatra Barat, diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Kereta bandara seperti ini baru ada di Medan, kemudian di Jakarta, kemudian yang sekarang ada di Sumatra Barat di Padang," kata Presiden dalam sambutannya di Padang Pariaman, Senin, sebagaimana disampaikan tertulis oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

KA bandara ini diberi nama KA Minangkabau Ekspres dan sudah beroperasi perdana pada 1 Mei 2018.

Berita lengkapnya di sini.

Baca juga: Bandara Minangkabau bandara ketiga yang punya kereta

3. Idrus Marham irit bicara usai diperiksa kasus Bakamla
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Idrus Marham, yang mantan Sekretaris Jenderal Partai Golongan Karya (Sekjen Golkar) memilih irit bicara seusai menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Fayakhun Andriadi dalam kasus suap pembahasan anggaran Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin.

"Jadi, hari ini saya sengaja datang sendiri, ya, meskipun belum ada panggilan dalam rangka untuk memberikan konfirmasi dalam posisi saya sebagai sekjen dahulu terkait dengan kasus Bakamla. Itu saja," kata Idrus.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Tim Uber Indonesia menangi persaingan atas Malaysia
Bangkok (ANTARA News) - Tim putri Indonesia akhirnya dapat memenangi persaingan ketat melawan Malaysia pada babak penyisihan grup D turnamen bulu tangkis Piala Uber di Bangkok, Thailand, Senin.

Pasangan ganda putri Indonesia Della Destiara/Rizki Amelia Pradipta memastikan kemenangan timnya setelah menaklukkan Chow Mei Kuan/Vivian Ho 24-22, 20-22, 21-12.

Kemenangan itu membuat Indonesia unggul 3-1 atas Malaysia, dari lima partai yang dipertandingkan.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Pemberi rokok ke orangutan diberi sanksi menyapu
(Antara)-Masih ingat dengan viralnya pria yang melempar rokok ke orang utan koleksi Bandung Zoo bernama Ozone. Pengunjung tersebut akhirnya ditemukan dan diberi sanksi sosial. Pengunjung yang bernama Deni Junaedi itu, menjadi petugas kebersihan selama tiga hari untuk menjalan kan hukuman sosialnya.

Selengkapnya di sini.

 

Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar