Menhub: pemerintah ingin kembangkan potensi pariwisata Sumbar

id menhub, budi karya sumadi,bandara minangkabau,periwisata sumbar

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (ANTARA /Galih Pradipta)

Padang (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah ingin mengembangkan potensi pariwisata di Sumatera Barat dengan membangun dan meningkatkan infrastruktur di provinsi itu.

"Dengan adanya infrastrukrur yang memadai maka pariwisata juga akan terdorong yang pada akhirnya ikut memperbaiki perekonomian masyarakat," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat penyerahan dua bus kepada Universitas Bung Hatta di Padang, Senin.

Menhub mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan Kemenhub adalah meningkatkan kapasitas tampung penumpang di Bandara Internasional Minangkabau dari 2,6 juta penumpang per tahun menjadi 5,7 juta penumpang akhir 2019.

Keinginan pemerintah tersebut, kata Menhub, didasarkan dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke Sumbar sehingga perlu meningkatkan kapasitas bandara.

Peresmian kereta Bandara Internasional Minangkabau oleh Presiden Joko Widodo hari ini, juga merupakan upaya pemerintah untuk memberikan layanan lebih baik kepada masyarakat.

Selain di Padang, Budi mengatakan, pemerintah juga membangun bandara di Pulau Mentawai, Sumatera Barat, yang belakangan makin banyak diminati wisatawan lokal dan mancanegara.

"Dengan adanya bandara di Mentawai maka wisatawan akan lebih mudah dan singkat ke pulau itu," katanya.

Demikian juga dengan Terminal Tipe A bus Anak Air, Padang, pemerintah ingin meningkatkan kemampuan daya tampungnya sehingga penumpang merasa nyaman.

Menhub mengatakan, tidak saja di Sumbar tapi penerintah juga terus membangun infrastruktur sejumlah daerah.

Dia mencontohkan, keberadaan tol laut yang saat ini mencapai 15 jalur juga merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan pemerataan ekonomi.

"Adanya tol laut bisa menurunkan harga hingga 30 persen di Indonesia bagian Timur," kata Menhub.

Baca juga: Presiden resmikan KA Bandara Internasional Minangkabau

Baca juga: Menhub nyatakan KA Bandara Minangkabau kurangi kepadatan kendaraan

Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar