Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pemerintah petang ini akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal bulan Ramadhan 1439 Hijriah.

"Insya Allah sore nanti kami akan mengadakan sidang isbat yang sebagaimana lazimnya akan dihadiri oleh para tokoh-tokoh agama, khususnya para ulama kita, pimpinan ormas Islam, dari MUI," katanya usai mengikuti rapat di Kantor Presiden Jakarta, menambahkan bahwa pemerintah juga mengundang para ahli astronomi.

Selama sidang isbat, ia menjelaskan, para petugas yang melakukan pengamatan hilal di 90 titik di seluruh wilayah Indonesia juga akan menyampaikan hasil amatan mereka.

"Untuk kita dengar laporannya, apakah sore nanti setelah Magrib ada yang berhasil melihat hilal atau tidak," katanya.

Lukman mengatakan kalau petang ini hilal sudah terlihat maka Selasa malam sudah masuk bulan baru, bulan Ramadhan. "Artinya besok kita sudah mulai puasa," katanya.

Namun, ia melanjutkan, kalau ternyata tidak ada yang berhasil melihat hilal maka awal Ramadhan akan jatuh pada Kamis.

"Kita berupaya terus menerus, berikhtiar, bagaimana umat Islam Indonesia itu mengawali puasa dan mengakhiri puasa dan berlebaran itu secara bersama-sama. Mudah-mudahan ikhtiar ini dikabulkan oleh Allah SWT," kata Lukman.
 

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018