Berlin (ANTARA News) - Pemerintah Jerman juga akan memanggil pejabat senior Facebook Inc mengenai masalah keamanan data, menyusul kasus kebocoran data Facebook di tangan konsultan politik Cambridge Anlytica.

Dilansir dari laman Reuters, majelis rendah parlemen Bundestag akan memanggil Wakil Direktur Kebijakan Publik Global Facebook, Joel Kaplan pada sidang tertutup Jumat (20/4) waktu setempat.

“Facebook harus menunjukkan keterbukaan dan transparansi mengurus data pengguna,” kata wakil pemimpin blok konservatif Kanselir Angela Merkel di Bundestag, Nadine Schoen.

Schoen menilai sejauh ini langkah yang diambil Facebook semata untuk menyelamatkan model bisnis mereka, misalnya dengan pertanyaan mereka terkait penerapan undang-undang proteksi data, GDPR, di Eropa.

“Kami tidak butuh alasan, kami butuh fakta,” kata dia.

Menteri Kehakiman Katarina Barley bulan lalu memanggil para pimpinan perusahaan tersebut, termasuk kepala keamanan publik Facebook Eropa, Richard Allan.

Setelah Mark Zuckerberg disidang Kongres Amerika Seriakat, negara lainnya termasuk Indonesia mulai memanggil perwakilan Facebook untuk dimintai keterangan terkait kebocoran data.

Baca juga: Uni Eropa tekan Facebook terkait skandal data
Baca juga: Polisi akan kembali periksa Facebook Indonesia

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018