Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo berencana untuk menyambangi lokasi syuting film anak garapan Miles Films, "Kulari Ke Pantai", demikian diungkap Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf di lingkungan Istana Presiden, Jakarta, Jumat.

Meski demikian, Triawan belum menyebutkan di titik mana Presiden akan menengok proses pengambilan gambar film besutan sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana itu, mengingat film itu antara lain akan mengajak anak-anak untuk menjelajah sejauh 1.025 km jalan darat dari Jakarta menuju Banyuwangi, Jawa Timur.

"Bapak Presiden juga memberikan dukungan sepenuhnya, malah nanti beliau akan ada waktu untuk menengok syuting film ini di satu daerah, karena ini jalan syutingnya di pulau Jawa yang dibintangi Marsha Timothy, Mimi, Lili Latisha bertiga naik mobil dari Jakarta ke Banyuwangi 1.025 kilometer," ungkap Triawan.

Hal itu menjadi wujud dukungan terhadap "Kulari Ke Pantai" dan keinginan Presiden untuk menghidupkan kembali film nasional untuk anak-anak.

Triawan datang ke Istana Presiden mendampingi produser "Kulari Ke Pantai" Mira Lesmana, yang pernah berpengalaman memproduseri "Petualangan Sherina" (2000) yang dibintangi oleh putri Triawan, Sherina Munaf.

Kata Triawan, Presiden juga kerap menyampaikan kegelisahannya terkait minimnya hiburan anak berkualitas, terutama di ranah perfilman nasional.

"Bapak Presiden sudah dua kali telepon saya kegelisahan beliau tentang tidak ada film anak, tidak ada lagu anak, padahal film nasional sedang naik. Kebetulan mbak Mira dan saya menghidupkan kembali film nasional, melalui film anak petualangan Sherina dan lagu anak. Jadi kita menghidupkan lagi dengan orang yang berkompeten," kata Triawan.

Baca juga: "Kulari Ke Pantai", film anak baru dari Mira Lesmana - Riri Riza

Baca juga: Kolaborasi Mira Lesmana-Riri Riza di tengah kelangkaan film anak


"Kulari Ke Pantai" juga mengadakan lomba cipta lagu anak yang bakal dipakai sebagai musik latar film bertemakan alam Indonesia itu.

"Filmnya sendiri mempunyai tema yang bagus untuk anak-anak, antara lain mencintai indahnya alam Indonesia, menghargai bahasa Indonesia, ada unsur persahabatan dan kekeluargaan. Kita akan mengajak masyarakat untuk ikut serta dan membuat sebuah lagu yang kemudian akan masuk kompilasi album soundtrack," kata Mira.

"Kulari Ke Pantai" itu ditargetkan tayang pada 28 Juni 2018, menyesuaikan liburan sekolah anak tahun ini.

Harapannya, dari film ini dapat memasukkan nilai-nilai positif dan punya motivasi juga bahwa suatu hari bisa menjadi pelaku seni baik penyanyi, pemain film dan profesi lainnya.

"Sebenarnya sudah cukup lama sejak 2008 di Laskar Pelangi, saya sudah lama tidak bikin film anak-anak, jadi hampir sudah 10 tahun. Saya merasa oh ini waktunya saya harus membuat kembali film anak-anak. Mudah-mudahan dari sini semua orang jadi mau membuat film anak-anak," tambah Mira.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018