Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, akan terus meningkatkan fasilitas bagi pesepeda agar makin  banyak orang bersepeda.

"Saya mengajak untuk mengayuh sepeda ke kantor memiliki tujuan agar polusi udara di Jakarta kian berkurang," kata Sandiaga di usai bersepeda dari jalan Jenggala, Jakarta Selatan menuju Balai Kota DKI Jakarta, Jumat.

Sandiaga meningkatkan fasilitas bersepeda setelah menerima banyak masukan dari berbagai pihak.

Hal tersebut juga sebagai langkah dari pihaknya dalam menyambut Asian Games 2018 mendatang. Ia tak ingin wajah Jakarta disesaki asap dari kendaraan umum dan pribadi.

Sandiaga mengawali aktivitas Jumat pagitak seperti di hari Jumat biasanya karena tidak berlari menuju kantornya, namun bersepeda.

"Mulai menjalankan Bike Friday. Jadi saya mendukung sekarang komunitas- komunitas kita mulai dorong untuk setiap jumat bersepeda ke kantor," kata Sandiaga.

Dia bersepeda ditemani Kepala BPKD Michael Rolandi, Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Catur Laswanto, dan Asisten Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Pemukiman Bambang Sugiyono.

Rencana meningkatkan fasilitas jalur sepeda untuk memancing mereka yang tak ingin bersepeda menjadi berhasrat untuk gunakan kendaraan roda dua tersebut, katanya.Budi Suyanto

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018