Cirebon, Jawa Barat (ANTARA News) - Pemerintah Kota Cirebon berencana akan memasukkan kirab budaya Cap Go Meh dalam kalender wisata tahunan mereka dengan harapan bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata berkelas dunia.

"Kami inginkan kirab budaya ini naik peringkat destinasi wisata berkelas dunia atau world class destination," kata Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Cirebon Dedi Taufik, di Cirebon, Jumat.

Kirab budaya Cap Go Meh Kota Cirebon bahkan disebutnya sebagai kebanggaan daerah, karenanya masyarakat dan pihak terkait lain harus menjaganya demi pelestarian budaya, bahkan melakukan ekspansi budaya.

Ekspansi budaya dipandangnya perlu untuk menguasai dunia, dikarenakan generasi muda saat ini rata-rata telah termakan budaya lain.

"Ketika sudah ekspansi, budaya pasti akan mempunyai nilai dan menjadi destinasi wisata berkelas dunia, khususnya untuk Kota Cirebon," ujarnya pula.

Baca juga: Tatung akan hadir dalam Cap Go Meh di Jakarta

Baca juga: Bupati Sambas imbau keamanan Cap Go Meh




Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Olahraga Kota Cirebon Eddy Tohidi mengatakan kirab budaya Cap Go Meh perlu dikembangkan sebagai upaya pelestarian dan berjanji akan membuat kalender wisata tahunan dan memasukkan kirab budaya Cap Go Meh sebagai salah satu event.

"Festival budaya di Cirebon semakin banyak, kami akan buat kalender wisata tahun depan. Sebagai awal, kalender wisata tahunan ini akan dibuat skala lokal dulu sebelum jadi skala nasional," katanya pula.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018