Manado (ANTARA News - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyiapkan bantuan Rp240 juta bagi SMP dalam pengadaan komputer untuk melaksanakan UNBK.

"Bantuan tersebut akan diberikan, bagi SMP yang akan melaksanakan UNBK, dan mengajukan permohonan bantuan ke kementerian," kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Manado, Diana Pakasi di Manado, Sabtu.

Pakasi mengatakan, pernyataan kesediaan untuk memberikan bantuan tersebut, disampaikan oleh Kepala Seksi Program Direktorat Pembinaan SMP Kemendikbud RI, Imam Pranata, saat komisi D berkonsultasi pekan ini.

Karena itu, Pakasi mengatakan, pihaknya segera menyampaikan ke SMP-SMP di Manado, yang mau melaksanakan UNBK mengenai hal tersebut supaya bisa segera melakukan persiapan.

"Jadi akan minta sekolah-sekolah yang mau melaksanakan UNBK untuk segera mengajukan permohonan bantuan, melalui dinas pendidikan Manado, supaya bisa mendapatkan bantuan yang dijanjikan," katanya.

Sekolah-sekolah yang mau melaksanakan UNBK, kata Pakasi, bisa mendapatkan bantuan komputer senilai Rp240 juta sebab memang itu sudah menjadi program nasional.

Pakasi mengatakan, DPRD sangat berharap dengan adanya bantuan tersebut, maka semua sekolah di Manado, bisa melaksanakan UNBK sebab merupakan program nasional, dan harus dijalankan.

Dia mengatakan, pada tahun 2017 lalu, ada SMP di Manado, yang mendapatkan bantuan dari Kemendikbud sehingga bisa melaksanakan UNBK dan diharapkan tahun ini akan bertambah, sehingga program bisa terlaksana.

Pewarta: Joyce Hestyawatie B.
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018