Ini adalah solusi yang terbaik untuk memperbaiki ketegangan-ketegangan, juga masalah-masalah dan merehabilitasi nama Golkar, yaitu dengan mengubah atau mengganti pimpinannya melalui Munaslub."
Jakarta (ANTARA news) - Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga politisi senior Partai Golkar berpendapat bahwa musyawarah nasional luar biasa (munaslub) menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah partai.

"Ini adalah solusi yang terbaik untuk memperbaiki ketegangan-ketegangan, juga masalah-masalah dan merehabilitasi nama Golkar, yaitu dengan mengubah atau mengganti pimpinannya melalui Munaslub," kata JK di Istana wakil Presiden, Jakarta, Senin.

Wapres mengharapkan rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang dilaksanakan pada Senin untuk mengawali Munaslub Golkar pada 19-21 Desember 2017, dapat memutuskan hasil yang terbaik bagi partai.

Terkait aspirasi agar terdapat regenerasi kepengurusan kepada golongan muda Golkar, JK mengatakan hal itu suatu hal yang alami dan tentunya akan dibahas dalam rapimnas maupun munaslub.

"Selalu ada regenerasi sebenarnya, itu alamiah saja," kata dia.

Sementara itu, JK menyerahkan kepada peserta munaslub soal periode kepemimpinan Airlangga Hartarto, yang dipastikan akan menjadi ketua umum Golkar menggantikan Setya Novanto, dapat diteruskan hingga empat tahun atau hanya melanjutkan hingga 2019.

"Itu internal lah, internal Golkar yang akan menyelesaikannya. Biarlah mereka memutuskan," ujarnya.

Munaslub Golkar diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta (JCC), 19-21 Desember 2017, untuk memilih ketua umum baru menggantikan Setya Novanto yang tengah menghadapi proses hukum sebagai tersangka kasus pidana korupsi KTP elektronik.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017