Jayapura (ANTARA News) - Salah satu tokoh pemuda Papua, Hendrik Yance Udam berpendapat bahwa calon pemimpin harus mempunyai komitmen dan integritas yang kuat sehingga bisa membawa perubahan dalam pembangunan di provinsi paling timur Indonesia itu.

"Calon pemimpin masa depan itu harus punya komitmen yang kuat, setiap pernyataannya baik saat kampanye ataupun gelar diskusi dan membuat stateman di media, harus melaksanakan hal itu, bukan hanya umbar janji saja," kata Hendrik Yance Udam di Kota Jayapura, Papua, Minggu.

Selain komitmen, kata dia, pemimpin masa depan harus punya integritas yang kuat, sehingga apa yang akan dilaksanakan bisa terwujud dengan baik.

"Integritas ini sudah pasti menyangkut soal konsep dan prinsip. Nah, kalau saja hal ini sudah tidak punya, bagaiman mau membangun daerah, apalagi ini di Papua yang sangat butuh sosok demikian," katanya.

Menurut dia, kedua hal itu sudah pasti harus dimiliki oleh calon pemimpin di kabupaten dan kota serta provinsi yang ada di Papua, apalagi tahun 2018 akan dilaksanakan pilkada serentak jilid III.

"Pesta demokrasi atau pilkada 2018, sudah pasti banyak calon, putra asli Papua yang maju sebagai calon kepala daerah, tentunya hal-hal yang saya sebutkan tadi harus dimiliki, ini yang ingin saya dorong," katanya.

Dia juga meminta agar para calon pemimpin dan tim sukses saat mengikuti pesta demokrasi tidak membenturkan para simpatisan dan pendukung untuk mewujudkan kepentingannya, karena rakyat bisa menjadi korban.

Terkait penyelenggara pilkada, KPU dan Bawaslu, serta aparat Polri yang dibantu polisi dalam pengamanan pesta demokrasi, Hendrik Yance Udam yang akrab disapa HYU, berharap agar bisa bersikap netral, menjunjung tinggi aturan dan UU yang berlaku.

"Penyelenggara ini merupakan ujung tombak pelaksanaan pesta demokrasi, sehingga harapan terbesar dipundak mereka adalah menyelenggaran dengan baik dan benar, miliki komitmen dan integritas, sehingga bisa melahirkan pesta demokrasi yang aman dan damai," katanya.

Pada 2018, sebanyak enam kabupaten di Papua yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi atau pilkada, diantaranya Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Mimika, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Puncak dan juga Provinsi Papua.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017