Bogor (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Presiden mengatakan pembangunan kedua waduk ini untuk menyelesaikan masalah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya.

"Ya... ini kan kita ingin juga menyelesaikan masalah banjir yang ada di Jakarta. Kita bekerja ini di hulunya. Jadi yang mau kita kerjakan sekarang ini adalah Waduk Sukamahi dan waduk Ciawi," kata Presiden kepada media usai meninjau pembangunan Waduk Sukamahi di Kabupaten Bogor.

Jokowi mengungkapkan progres pembangunan kedua waduk sudah dimulai dan pembebasan lahan sudah mencapai 2 persen.

"Kita harapkan nanti 2019 pertengahan sudah selesai," kata Presiden.

Jokowi berharap dengan adanya dua Waduk ini akan ada pengurangan jumlah air yang masuk ke Jakarta sekitar 30 persen yang berarti mengurangi banjir di Jakarta itu juga sebesar 30 persen.

"Oleh sebab itu hulu dan hilir semuanya harus dikerjakan. Hulunya sudah, untuk Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi," kata Presiden.

Terkait pembiayaan pembangunan kedua waduk yang mencapai Rp1,1 triliun, kata Jokowi, keseluruhannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Dulu Memang sempat ini kita anggarkan di provinsi (DKI Jakarta), tapi sekarang semuanya dikerjakan oleh APBN. Di sini (Sukamahi) Rp400 miliar, di Ciawi Rp700 miliar," ungkapnya.

Presiden mengatakan terus mengikuti progres pembangunan kedua waduk tersebut.

"Ya progresnya, perkembangannya bagus. Saya ikuti terus kok."

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017