Jakarta (ANTARA News) - Kemarin dua pengacara Ketua DPR Setya Novanto menyatakan mengundurkan diri, Menteri Perhubungan menyampaikan rencana penerapan tarif baru kereta bandara, dan Indonesia menegaskan dukungan terhadap Palestina setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Selain itu ada berita mengenai perkembangan aktivitas Gunung Agung di Bali dalam ringkasan berita kemarin yang bisa dibaca ulang pagi ini.

Otto Hasibuan mundur jadi pengacara Setya Novanto

Pengacara Otto Hasibuan menyatakan mengundurkan diri sebagai kuasa hukum Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus korupsi dalam pengadaan KTP-elektronik lima hari menjelang sidang perdana Setya Novanto yang dijadwalkan berlangsung 13 Desember.

"Sebulan saya jadi kuasa hukum SN. Sekarang setelah saya tangani perkara ini, dalam perjalanannya di antara kami dan SN, saya melihat belum ada kesepakatan yang jelas tentang tata cara penangananan suatu perkara sehingga akan merugikan dia dan terhadap saya dan itu akan menyulitkan saya untuk melakukan suatu pembelaan terhadap klien," ungkap Otto.

Fredrich Yunadi ikut mundur jadi pembela Setya Novanto
Pengacara Fredrich Yunadi juga menyatakan berhenti menjadi penasihat hukum Setya Novanto dalam perkara korupsi KTP-e. Fredrich menjadi pengacara Setya Novanto sejak awal Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada 17 Juli 2017. Ia juga ikut mendampingi Setya Novanto pada pengajuan permohonan praperadilan mengenai penetapan pertamanya sebagai tersangka dan memenanginya pada 29 September 2017.


Tarif kereta bandara Rp70.000 mulai Januari 2018Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tarif kereta api bandara mulai Januari 2018 akan dipatok Rp70.000, turun dari tarif yang sebelumnya Rp100.000.

"Sesuai arahan Presiden, Rp100.000 itu kemahalan. Kami hitung kembali kira-kira Rp70 ribu," kata Budi, yang menyatakan akan meminta PT Railink selaku operator kereta bandara memberikan potongan harga sambil mencari cara menghimpun pendapatan lain untuk mengkompensasi penurunan tarif.

Dukungan Indonesia untuk Palestina tidak berubah

Presiden RI Joko Widodo menegaskan dukungan pemerintah dan rakyat Indonesia kepada kemerdekaan Palestina tidak akan berubah.


Dia mengaku kecewa dengan keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan telah menghubungi kepala negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam seperti Emir Qatar Sheikh Tamim dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk menyatakan rencananya menghadiri konferensi mengenai masalah itu di Turki.

"Ya inilah perubahan-perubahan dunia yang kadang menjengkelkan, kadang menyakitkan. Tapi itulah fakta yang kita hadapi," katanya mengenai keputusan Amerika Serikat mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaan dari Tel Aviv ke kota sengketa itu.



Gunung Agung masih semburkan asap 

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali meletus dengan menyemburkan asap berwarna kelabu tebal bertekanan sedang yang bergerak mengikuti angin yang bertiup ke arab barat.

"Asap menyembur dengan ketinggian sekitar 2.100 meter di atas puncak yang condong mengarah barat," kata Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana di Pos Pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, Karangasem.








Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017