Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, akan menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya di sidang gabungan Kongres pada 30 Januari mendatang.


“Tahun Baru akan membawa kesempatan untuk meninjau progres yang telah dicapai, tapi juga menuntaskan pekerjaan yang masih harus dilakukan atas nama rakyat Amerika,” kata Ketua DPR Amerika Serikat, Paul Ryan, dalam surat undangan untuk Trump, seperti yang diberitakan AFP.


Beberapa jam kemudian, Gedung Putih secara resmi menerima undangan itu.


Trump dan Partai Republik yang menguasai Kongres, masih belum mencapai prestasi legislatif selama 10 bulan sejak Trump menjabat, setelah gagal menyetujui undang-undang perawatan kesehatan, imigrasi atau reformasi infrastruktur.


Trump kemungkinan akan mencapai kemenangan politik besar, dengan undang-undang reformasi perpajakannya yang kontroversial diperkirakan akan disetujui Senat.

Pidato kenegaraan adalah kewajiban presiden yang memberi kesempatan pemimpin AS untuk menjelaskan kepada rakyat Amerika dan perwakilan terpilih mereka mengenai prioritasnya di tahun yang akan datang.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017