Palangka Raya (ANTARA News) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya (DPD Golkar) Kota Palangka Raya, Rusliansyah, akan mencalonkan diri untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya dari jalur perseorangan.

Keseriusan Rusli maju dari jalur perseorangan dibuktikannya dengan menyerahkan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan kepada KPU Kota Palangka Raya, Sabtu pagi tadi.

"Hari ini ada empat bakal pasangan calon yang perseorangan yang mendaftarkan diri. Keempat pasangan itu adalah Rusliansyah-Rogas, Yuliustri-Munir, Nampung-Budi Santoso dan pasangan Dagut Djunas-Fitriadi Yusuf," kata Komisioner KPU Kota Palangka Raya Sasatriadi.

Anggota KPU Kota Palangka Raya Divisi Teknis ini memaparkan tahap pertama usai penyerahan syarat dukungan itu adalah menghitung jumlah dukungan dan jumlah sebaran dukungan.

"Batas minimal dukungan calon ini ialah sebanyak 19.700 dukungan yang dikuatkan dengan lampiran KTP elektronik maupun surat keterangan. Sementara untuk sebaran dukungan minimal harus tersebar di tiga kecamatan di Palangka Raya," kata Sasatriadi.

Apabila jumlah dukungan dan sebaran tidak memenuhi target maka berkas akan dikembalikan kepada pasangan bakal calon untuk diperbaiki.

"Jika berkas dinyatakan memenuhi syarat dan ketentuan maka kita akan menerbitkan surat keterangan sehingga dapat dilanjutkan pada proses selanjutnya," sambung Sasatriadi.

Rusliansyah-Rogas adalah pasangan bakal calon perseorangan yang pertama mendaftar ke KPU Palangka Raya dengan membawa berkas dukungan baik dalam bentuk baik softcopy maupun hardcopy.

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya ini belum mengungkapkan alasan dia maju dari jalur perseorangan.

"Yang pasti saat ini, kita membawa berkas sesuai ketentuan, dengan jumlah 32 ribu fotokopi KTP elektronik, melebihi minimal yang ditetapkan KPU. Fotokopi ini didapat dari seluruh Kecamatan di Kota Palangka Raya," kata Rusliansyah.





Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017