Pematangsiantar, Sumut (ANTARA News) - Pemerintah ingin membangun jalur kereta api Medan ke Danau Toba untuk mengantisipasi lonjakan pertumbuhan wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi itu secara khusus dan Sumatera Utara pada umumnya.

"Sumut adalah daerah yang perkembangannya sangat bagus dan kita menginginkan membangun infrastruktur terlebih dahulu sebelum masyarakat kian bertambah," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada pers di Pematangsiantar, Jumat.

Hal tersebut dikatakan saat dirinya meninjau Stasiun Siantar yang didampingi Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri dan Dirut PT Pelindi I Bambang Eka Cahyana.

Menurut Menhub, pemerintah saat ini sedang melakukan studi kelayakan untuk membangun jalur kereta api sampai ke Danau Toba.

Diharapkan, kata menhub, jika ada jalur kereta maka masyarakat bisa menggunakan transportasi pilihan selain bus atau mobil.

Saat ini, katanya, kereta api yang beroperasi Medan ke Siantar belum bisa berjalan optimal dan ramai digunakan, sehingga perlu diperbaiki berbagai sarana dan prasarana yang ada saat ini.

"Toba sudah dijadikan destinasi wisata utama di Sumut dan harus juga mudah dijangkau wisatawan," katanya.

Wisatawan, kata Budi, tentunya akan memilih kereta menuju Toba dari Medan sambil melihat keindahan alam provinsi itu.

Kemenhub segera melakukan studi agar nantinya keberadaan kereta api tersebut tidak sia-sia dan dapat jadi transportasi pilihan masyarakat yang akan ke Toba.

(T.A025/T013)

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017