Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengaku akan rutin melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Operasi Siaga, Tanggap dan Galang (Siaga) Ibukota secara langsung di lapangan.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melaksanakan Operasi Siaga Ibukota sebagai persiapan menghadapi musim hujan di seluruh wilayah DKI Jakarta hingga tiga bulan kedepan.

"Pada pagi hari ini, saya sempat mampir ke daerah Menteng Bawah, kemudian bertemu langsung dengan camat dan lurah setempat. Saya lihat seperti apa persiapan mereka. Saya akan lakukan pengawasan itu secara rutin," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut dia, pengawasan secara rutin tersebut memang harus dilakukan untuk memastikan bahwa persiapan di lapangan benar-benar baik, sehingga Kota Jakarta siap menghadapi musim hujan.

"Dalam kunjungan tadi pagi, saya juga melihat langsung pelaksanaan pembersihan saluran dan gorong-gorong di wilayah setempat. Lalu, saya juga memeriksa kesiapan para petugas di Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet," ujar Anies.

Sebelumnya, pada Sabtu (18/11) dan Minggu (19/11), dia telah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pekerjaan pemangkasan pohon di sejumlah lokasi sebagai antisipasi terjadinya pohon tumbang apabila turun hujan deras disertai angin kencang.

Lebih lanjut, dia menilai sejauh ini, seluruh jajaran telah melaksanakan arahan yang telah diinstruksikan dalam Operasi Siaga Ibukota. Dia pun meminta agar seluruh jajaran terus siaga selama musim hujan.

"Sejauh ini, semuanya berjalan dengan baik. Kalau ada yang perlu saya tegur, pasti akan saya tegur untuk perbaikan. Meskipun demikian, pengawasan secara rutin di lapangan akan terus saya lakukan," ungkap Anies.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017