Tangerang, Banten (ANTARA News) - Pemerintah menaikkan alokasi dana operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari Rp3,5 triliun pada 2017 menjadi Rp4 triliun pada 2018.

"Kami berharap semua pemangku kepentingan, lembaga pengelolaan PAUD dan khususnya kepala daerah, saya minta untuk ikut meningkatkan kepeduliannya merawat anak-anak kita yang menjadi modal masa depan," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat menyampaikan laporan penyelenggaraan acara penyerahan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2017 di Kota Tangerang, Banten, Selasa.

Dalam acara yang dihadiri Iriana Joko Widodo dan Mufida Jusuf Kalla dan para istri anggota Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), Muhadjir mengatakan peningkatan dana BOP sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Pada 2017 pemerintah mengalokasikan dana bantuan operasional pendidikan (BOP) di mana setiap anak akan mendapatkan Rp600.000, kata Muhadjir.

Menurut dia, dana BOP itu tidak jauh berbeda dari dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS sebesar Rp800 ribu per siswa.

Muhadjir menyatakan syukur dan bangga acara penyerahan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2017 dihadiri Ibu Negara.

"Pemberian Penghargaan PAUD ini bertepatan dengan Hari Anak Universal pada 20 November. Seluruh dunia memperingati hari anak dalam rangka mempertegas komitmen negara-negara di dunia memperhatikan anak-anak," kata dia.

Menurut dia, kegiatan itu juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional 2017.

"Kami memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang mengabdi di bidang PAUD. Kami mohon Ibu Negara berkenan menyampaikan kepada mereka yang mendapatkan penghargaan," katanya.

Anugerah PAUD tingkat Nasional tahun 2017 diberikan kepada 164 orang yang terdiri dari berbagai unsur, termasuk 25 bupati dan walikota, kepala dinas pendidikan, camat dan keepala desa.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017