Banjir meluas BPBD Singkil evakuasi warga

id banjir aceh, banjir aceh singkil

Arsip: Anak-anak bermain di halaman SD Negeri Alue Bate yang terendam banjir di Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya, Aceh, Selasa (31/10/2017). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Singkil, Aceh (ANTARA News) - Banjir di Kabupaten Aceh Singkil mulai meluas bermuara ke Kecamatan Gunung Meriah dan memutus akses transportasi antar desa, sehingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengerahkan perahu karet bermesin dan truk untuk evakuasi warga.

Petugas Pusdalops pada BPBD Aceh Singkil, Rosiana Kusuma Wardani kepada wartawan di Singkil, Kamis mengatakan saat ini banjir kiriman dari Kecamatan Suro dan Simpang Kanan sudah bermuara ke Kecamatan Gunung Meriah dan Kecamatan Singkil melalui luapan Sungai Cinendang.

"Pihak BPBD saat ini fokus mengatasi korban banjir di Kecamatan Gunung Meriah, sebab ratusan perumahan penduduk dan akses transportasi sudah mulai lumpuh," kata Rosiana.

Untuk mengatasi hal itu, kata Rosiana, pihak BPBD mengerahkan truk, mobil Borneo dan speed boat untuk menolong korban banjir dan barang-barangnya ke tempat yang tinggi dan menyeberangkan warga yang melintas.

"Untuk korban banjir sebanyak 120 KK juga sudah diberikan bantuan logistik massa panik berupa sandang pangan dan air bersih," tuturnya.

Untuk Kecamatan Singkil, lanjut Rosiana, menurut laporan Camat Singkil Ricki Yodiska kepadanya banjir yang menghampiri sejak pagi tadi pada pukul 08.00 WIB yakni di empat desa yakni Desa Pea Bumbung, Ujung Bawang, Teluk Rumbia dan Ranto Gedang, Kuta Simboling, Suka Makmur.

"Masyarakat diharapkan dimasing -masing desa di Kecamatan Singkil segera mempersiapkan Pos dapur umum, karena pihak BPBD juga akan menyalurkan bantuan logistik berupa kebutuhan pokok sumber dana panik," ujarnya.

(T.KR-ANW/H011)

Pewarta : Anwar
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar