Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan kekagumannya dengan pesona Sungai Kapuas di Kalimantan Barat, yang menurut dia tidak kalah dengan Grand Canal di Venesia, Italia, dan Sungai Seine di Prancis.

Kekaguman itu diungkapkannya dalam akun instagram pribadi miliknya, @Khofifah.IP, di mana ujuh foto ia unggah saat menyusuri sungai terpanjang se-Indonesia yang membelah kota Pontianak itu dengan menggunakan perahu kayu, Sabtu pekan lalu.

Di atas perahu, Khofifah dan rombongan juga menikmati makan malam dengan kuliner khas Pontianak yang ia kunjungi dalam rangka kunjungan kerja pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) Sabtu - Minggu (5-6/8).

Khofifah membandingkan Sungai Kapuas dengan Grand Canal di Venesia, Italia dan Sungai Seine.

"Tidak usah jauh-jauh ke Venice, Italia atau Seine River, Prancis untuk bisa menikmati wisata sungai dengan menggunakan perahu kayu. Cukup datang ke Pontianak, Kalimantan Barat. Di sini Anda bisa menikmati suasana kota yang berada tepat di garis khatulistiwa dari Sungai Kapuas," kata dia.

Khofifah juga mencoba kuliner khas kota itu, yaitu es lidah buaya yang membuat kesengsem Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU itu.

"Daging lidah buaya yang dipotong dadu, ditambah perasan jeruk lemon membuat minuman ini terasa nikmat dan menyegarkan," tulis Khofifah seraya menambahkan, konon lidah buaya berkhasiat menurunkan panas dalam dan sakit maag.

Khofifah juga memuji kreativitas warga Pontianak yang bisa mengolah tanaman berduri asal Afrika itu.

"Di Pontianak, lidah buaya tidak cuma dijadikan minuman, tapi juga diolah menjadi banyak varian oleh-oleh seperti manisan, teh, dodol hingga permen. Luar biasa bukan ?"

Pada akhir caption, Khofifah mengajak warga net untuk menjelajahi Nusantara. Khusus yang ingin ke Pontianak, ibu empat orang anak ini pun berpesan untuk tidak lupa membawa tabir surya.

"Tunggu apalagi. Ayo jelajahi Nusantara dan buktikan betapa kayanya Tanah Air kita ini. Oh ya, kalau mau ke Pontianak, pastikan membawa tabir surya karena disini panas matahari begitu menyengat. Selamat berakhir pekan," tutupnya.

Postingan Khofifah tersebut menuai banyak komentar positif dari warganet. Akun @mharobbani menulis "Keren nih ibu @khofifah.ip Habis kunjungan kerja, promosi daerah yang dikunjungi kerjanya lewat sosmed. Hehehehe Indonesia juga punya".

Khofifah cukup aktif membagikan berbagai aktivitasnya di Twitter, dan Facebook, serta cukup aktif di YouTube dengan video blog (Vlog) miliknya.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017