... hasil pembayaran zakat mal harus bermanfaat untuk peningkatan ekonomi warga yang kurang mampu...
Biak, Papua (ANTARA News) - Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menargetkan penerimaan zakat umat Islam di wilayah itu selama puasa Ramadhan 1438 Hijriah sebesar Rp400 juta.

"Baznas perkirakan pembayaran zakat mal, zakat fitrah, dan zakat profesi tahun 2017 akan meningkat sekitar lima persen hingga 10 persen dibanding penerimaan zakat pada Ramadhan tahu lalu," ungkap Ketua Baznas Kabupaten Biak Numfor, Muslim Lobubun, di Biak, Selasa.

Ia mengatakan adanya peningkatan penerimaan zakat 2017 karena mulai ditertibkan lembaga penyalur dan pengelola dana zakat oleh Baznas Kabupaten Biak Numfor.

Ia menyebut sesuai UU Nomor 23/2011 tentang Zakat maka lembaga resmi satu-satunya yang dibentuk negara untuk mengelola dana umat lewat pembayaran zakat hanya Baznas.

Muslim berharap, dengan terbentuknya Baznas Biak Numfor maka setiap pengelolaan dan penerimaan dana umat berupa zakat dilakukan yayasan atau lembaga pendidikan Islam harus dilaporkan ke Baznas Biak.

"Pengelolaan dana zakat umat Islam di Kabupaten Biak Numfor melalui hasil pembayaran zakat mal harus bermanfaat untuk peningkatan ekonomi warga yang kurang mampu," katanya.

Hingga Selasa pagi, puluhan unit pengumpul zakat di berbagai masjid di Biak masih lancar melayani pembayaran zakat mal, zakat fitrah, fidyah, dan infaq dari umat Islam setempat sebagai kewajiban mereka pada Ramadhan 1438 Hijriah.

Penerimaan zakat harta dan zakat fitrah pada Baznas 2016 mencapai Rp330 juta.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017