London (ANTARA News) - KBRI Oslo menggandeng Audun Kvitland, pelantun lagu "Nasi Padang" yang sedang menjadi viral di Indonesia, dalam mempromosikan Indonesia khususnya Sumatera Barat dengan masakan khasnya, rendang, pada pameran wisata internasional Reiselivsmessen 2017 di Telenor Arena, Oslo, Norwegia.

Dalam penampilannya di panggung utama Indonesia, Audun Kvitland selesai melantunkan lagu "Nasi Padang" langsung mengajak pengunjung mencicipi kuliner Nasi Padang yang disajikan di stand KBRI Oslo, demikian Sekretaris Pertama Fungsi Ekonomi KBRI Oslo, Hartyo Harkomoyo, kepada Antara London, Selasa.

Sejumlah makanan seperti rendang, dendeng balado, ayam balado, udang balado, sate Padang, ayam lado hitam, bahkan ikan salmon balado disuguhkan di pameran Reiselivsmessen selama tiga hari tersebut.

Selain sajian nasi Padang, juga dipersembahkan tari-tarian dari Sumatera Barat seperti Tari Piring, Mangaro, Pasambahan, Payung, Tari Selendang dan persembahan dari Syofyani's Dance and Music Ensemble Padang, mendominasi rangkaian pertunjukan budaya di pameran wisata internasional Reiselivsmessen 2017 pada 13 sampai 15 Januari lalu.

Sebanyak empat tarian dan permainan alat musik talempong khas Minangkabau tiap harinya dipertunjukkan di panggung utama yang letaknya berdampingan langsung dengan stand KBRI Oslo.

Partisipasi KBRI Oslo kali ini didukung Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang langsung mendatangkan timnya dari Tanah Air. Dubes RI untuk Kerajaan Norwegia, Yuwono A. Putranto, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada Pemprov Sumatera Barat.

Keikutsertaan KBRI Oslo di Reiselivsmessen berbeda dibandingkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya dukungan dari tim Pemprov Sumatera Barat yang langsung dipimpin Gubernur Irwan Prayitno. Tim terpadu ini tidak hanya mempromosikan pariwisata Sumatera Barat, namun juga peluang investasi dan kerja sama dengan sejumlah BUMN dan swasta Norwegia, ujar Dubes Yuwono.

Selain Pemprov Sumatera Barat, kegiatan tahun ini juga didukung Kementerian Pariwisata, Garuda Indonesia, travel writer Norwegia dan sejumlah mitra swasta terkait di sektor Pariwisata baik dari Indonesia maupun Norwegia. Promosi ini menyedot perhatian calon wisman asal Norwegia dan negara di sekitarnya, dengan ditampilkannya sejumlah paket promosi yang komprehensif serta informasi berupa brosur-brosur dan multimedia.

Reiselivsmessen merupakan pameran wisata yang diadakan tiap tahun di Norwegia dan tercatat sebagai salah satu ajang promosi terbesar di Nordik.

Pameran ini merupakan ajang bagi para wistawan Norwegia mempertimbangkan tujuan wisata pada liburan musim panas (Juni-Agustus) dan musim dingin (November-Desember). Masyarakat Norwegia memiliki tradisi yang tinggi, liburan yang panjang selama 30 hari dan daya beli yang tinggi pula. Potensi ini yang membuat KBRI Oslo gencar mempromosikan wisata.

Usai mengikuti pameran, KBRI Oslo akan langsung menggelar acara promosi terpadu wisata, kuliner, dan budaya di Wisma Duta Senin sore mengusung tema West Sumatra: Cultural Performances and Culinary. Acara ini mengundang kalangan khusus Norwegia, di antaranya Friends of Indonesia, Travel Blogger, jurnalis, pemerhati budaya dan seni, food blogger dan pemerhati kuliner.

Kegiatan ini merupakan kerja sama KBRI Oslo dengan Pemprov Sumatera Barat, serta merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian misi investasi, budaya dan kuliner Pemprov Sumatera Barat ke Norwegia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017