Bantul (ANTARA News) - Sebanyak 44.657 wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi objek wisata Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur akhir pekan bertepatan dengan Natal 2016.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis Rahmad Ridwanto saat dihubungi Minggu malam, mengatakan kunjungan wisatawan sebanyak itu merupakan akumulasi selama tiga hari sejak Jumat (23/12) sampai Minggu (25/12).

"Pada hari Jumat jumlah kunjungan sebanyak 8.500 orang, kemudian hari Sabtu sebanyak 17.100 orang dan pada Minggu sampai pukul 13.30 WIB sebanyak 19.057 orang," kata Rohmad.

Menurut dia, jumlah kunjungan wisatawan tersebut terus bertambah, sebab pada Minggu siang hingga petang objek wisata pantai Parangtritis masih dikunjungi wisatawan meski tidak seramai kunjungan pada pagi harinya.

"Tadi saya (di TPR) hanya sampai menjelang magrib, sedangkan kunjungan wisatawan selama hari ini akan direkap besok (Senin, 26/12) pagi," katanya.

Rahmad mengatakan, bertepatan dengan libur akhir tahun 2016 mulai Natal dan Tahun Baru 2017, persiapan yang dilakukan yaitu berkoordinasi dengan aparat keamanan terkait seperti TNI, Koramil serta personel dari dinas.

"Total untuk jumlah petugas pemungut retribusi berjumlah 23 orang dan personel dari TNI sembilan, kemudian di TPR Pantai Depok ada enam petugas dibantu dari Polsek," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul Bambang Legowo mengatakan, jumlah pengunjung ke sejumlah objek wisata baik pantai selatan maupun gua di daerah ini selama libur akhir tahun 2016 diprediksi melonjak dibanding sebelumnya.

"Iya, semua objek wisata termasuk Gua Cerme dan Gua Selarong itu kunjungannya naik, kalau pas malam Tahun Baru Pantai Parangtritis jadi tujuan favorit. Berdasarkan pengalaman tahun lalu seperti itu," katanya.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016