Samosir, Sumatera Utara (ANTARA News) - LIPI dan Pemkab Samosir melanjutkan kerja sama mengembangkan Technopark Samosir dan berkonsentrasi pada peningkatan sektor perikanan dan sumber daya perairan Danau Toba yang menjadi potensi kabupaten Samosir dengan merevitalisasi fasilitas BBI Kabupaten Samosir.

Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain di Samosir, Sumatera Utara, Senin, mengatakan dalam kurun waktu satu tahun sejak mulai berjalan, kehadiran Technopark Samosir telah memberi hasil yang cukup signifikan. Salah satunya dalam penyediaan anakan ikan mas untuk peternak ikan setempat.

"Sebelumnya hanya mampu menghasilkan anakan sebanyak 10.000 ekor, namun setelah ada sentuhan teknologi dapat memproduksi anakan sampai 2.400.000 ekor," kata Iskandar.

Pada dasarnya, ia mengatakan kemajuan suatu bangsa tidak terlepas dari kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya.

Keberhasilan Taiwan dan Korea Selatan keluar dari negara berpendapatan rendah tidak terlepas dari cerita sukses kolaborasi Pemerintah, swasta, dan akademisi untuk menciptakan sesuatu melalui Techno park dan Science Techno Park.

Kepala Pusat Limnologi LIPI Fauzan Ali mengatakan bahwa satu sentuhan teknologi yang dilakukan di technopark tersebut adalah pembangunan kubah di kolam pembenihan dan pembesaran untuk menjaga kestabilan air kolam agar tidak lebih dari lima derajat celcius.

"Fluktuasi suhu bisa berpengaruh pada proses pembenihan ikan," ujar dia.

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan listrik juga telah terpasang fasilitas panel surya dari Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI.

Ia juga menerangkan saat ini pihaknya sedang melakukan uji coba pembangunan sistem online monitoring berbasis sistem aplikasi Android. "Masyarakat di Samosir dan sekitar dapat mengakses informasi cuaca mikro tentang suhu dan kelembapan udara hanya dengan mengakses ponselnya," jelas Fauzan.

Kegiatan Diseminasi Iptek LIPI tentang Pelatihan Pengelolaan Technopark akan diikuti oleh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Samosir dan pelaku wirausaha di kawasan Danau Toba. Hadir sebagai pembicara diantaranya Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain, serta Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu.

Danau Toba adalah danau terluas di Indonesia dan menjadi danau volcano tektonik terbesar di dunia. Kawasan danau Toba yang berada di ketinggian 904 meter di atas permukaan laut ini mencakup delapan kabupaten, salah satunya adalah Kabupaten Samosir.

Pewarta: Virna P
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016