Bantul (ANTARA News) - Penjualan tiket bus jurusan Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi melalui Terminal Palpabang, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Selasa atau delapan hari menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah masih normal.

"Hingga hari ini masih biasa saja, penjualan tiket bus untuk berangkat sebelum Lebaran belum ramai," kata Puji, karyawan bagian reservasi tiket Perusahaan Otobus (PO) Sumber Alam di Terminal Palbapang, Bantul, Selasa.

Pihaknya tidak mengetahui penyebab masih belum ramainya pemesanan tiket bus jurusan Jabodetabek via terminal kecil di Bantul ini, namun demikian, diperkirakan pemesanan tiket mulai ramai setelah H-7 Lebaran nanti.

"Mungkin pada H-4 dan H-5 Lebaran mulai ramai pemesanan tiket. Untuk waktu pemberangkatan seperti hari-hari biasa, dari terminal sini pukul 01.30 WIB, dengan tujuan Terminal Pondok Ungu, Terminal Lebak Bulus dan terminal lainnya," katanya.

Menurut dia, harga tiket bus jurusan Jabodetabek yang ditawarkan beragam tergantung kelas, yaitu Rp160.000 per penumpang untuk bus AC VIP, kemudian tiket bus AC ekonomi sebesar Rp100.000, tiket bus patas Rp125.000 dan tiket bus ekonomi Rp85.000 per penumpang.

Ditanya terkait kenaikan harga tiket bus saat mudik dan balik Lebaran 2016, ia belum memastikan kenaikan harga maupun besarannya, namun demikian, harga tiket yang akan diberlakukan menurutnya saat ini masih dirapatkan pihak perusahaan pada hari ini.

"Kebetulan pimpinan perusahaan sedang rapat mengenai tiket bus untuk Lebaran, tahun lalu memang ada kenaikan harga pas Lebaran. Tadi juga kami mau menerima pesanan tapi juga belum tahu harganya (setelah naik)," katanya.

Ia mengatakan, jumlah bus yang dioperasionalkan perusahaannya di terminal Palbapang ini setiap hari hanya satu armada, meski demikian saat Lebaran ini ada kemungkinan digabung dengan agen lain yang berangkat dari terminal lain.

Sementara itu, Bu Toni karyawan bagian reservasi tiket bus PO Murni Jaya di Terminal Palbapang mengatakan hal yang sama, bahwa pemesanan tiket bus pada Selasa ini masih standar, belum terlihat peningkatan jumlah penumpang yang akan mudik atau berangkat ke Jakarta dan sekitarnya.

"Sampai hari ini masih biasa saja, memang ada satu--dua yang sudah pesan tiket untuk berangkat sebelum Lebaran, namun ada juga yang setelah Lebaran," katanya.

Ia mengatakan, bus yang dioperasionalkan perusahaan ini setiap harinya hanya satu bus dengan harga tiket normal Rp135.000 per orang, namun demikian tidak menutup kemungkinan ada tambahan tiga bus untuk melayani penumpang selama Lebaran.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016