Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyebut kehadiran Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mampu memperkuat karakter dan identitas bangsa.

Usai menutup secara resmi Pekan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 TMII di Sasono Langen Budoyo TMII, Minggu sore, seperti disampaikan keterangan tertulis MPR, ketua MPR itu juga menyebut TMII yang digagas oleh Tin Soeharto sebagai mini Indonesia dan jendela bagi bangsa Indonesia.

tMII adalah wahana pendidikan, wahana promosi, wahana dan pemersatu bangsa.

"Kita mengapresiasi TMII, karena telah berbuat untuk bangsa ini. TMII adalah contoh sebuah keberagamaan. Keberagaman di TMII, bisa kita saksikan berasal dari seluruh Tanah Air. Keberagaman adalah sumber kekuatan kita," ujar dia.

Turut hadir dalam acara penutupan itu Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Direktur Utama TMII AJ. Bambang Sutanto, Dewan Komisaris TMII, Wakil Bupati Bangli, tokoh masyarakat Aceh Abdullah Puteh serta tamu undangan lainnya.

Usai penutupan, Zulkifli bersama tamu lainnya menyaksikan Festival Tari Saman yang digelar di Plasa Tugu Api PancasilaTMII. Festival ini menampilkan sekitar 6000 orang penari.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016