Palembang (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said meresmikan jaringan gas rumah tangga di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan untuk mendukung proyek energi di daerah ini.

Peresmian yang juga dihadiri Gubernur Sumsel H Alex Noerdin tersebut dilaksanakan di Taman Kota Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur, Senin.

Menteri mengatakan, gas rumah tangga ini merupakan proyek infrastruktur energi se-Sumatera Bagian Selatan yang bertujuan untuk memperhemat dan mempermudah pemakaian gas dalam rumah tangga serta mensejahterakan masyarakat.

Jaringan gas ini sangat bermanfaat sekali dalam penggunaan gas bagi rumah tangga, ujar dia.

Menurut dia, bagi daerah-daerah yang berdekatan dengan gas maka akan dapat diprioritas seperti Kota Prabumulih.

"Jadi untuk daerah yang berdekatan dengan gas akan kita lakukan gas rumah tangga akan tetapi masih kita dievaluasi dulu,"katanya.

Dalam kesempatan itu Menteri juga minta kepada pihak Pertamina untuk selalu mendukung dalam mengadaan gas rumah tangga tersebut.

Hal ini karena gas rumah tangga sangat dibutuhkan bagi masyarakat sehingga itu harus didukung bersama, ujar dia.

Gubernur Sumsel mengatakan, energi gas rumah tangga ini merupakan yang diidam-idamkan bagi seluruh masyarakat bukan hanya Prabumulih akan tetapi warga se-Sumsel.

"Untuk itulah kami berterima kasih kepada Menteri ESDM yang sangat memperhatikan sekali Sumsel terutama dalam proyek infrastruktur energi," ujarnya.

Sementara Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya mengatakan, kegiatan ini sangat bersejarah bagi Kota Prabumulih karena Menteri ESDM meresmikan proyek infrastruktur energi.

"Sumber energi rumah tangga ini sudah ada 32 ribu sambungan di setiap rumah Kota Prabumulih, jadi baru 85 persen yang menggunakan gas rumah tangga ini.

Untuk tahun depan pihaknya menargetkan 100 persen warga Kota Prabumulih menggunakan energi gas rumah tangga dimasing-masing rumah.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016