Kami berkomitmen pada diskusi terus menerus mengenai teknologi dan sektor berita
Paris (ANTARA News) - Google menyatakan akan menyediakan 27 juta euro untuk 128 organisasi berita di Eropa sebagai bagian dari "Digital News Initiatives", lapor AFP, Rabu.

Agence France-Presse (AFP) adalah salah satu organisasi yang dipilih untuk platform grafis interaktif yang dikembangkan untuk pengguna web dan format media mobile AFP di seluruh dunia.

CEO Google Sundar Pichai mengumumkan kabar ini dalam pidatonya di Paris.

Google yang merupakan anak perusahaan Alphabet itu sebelumnya telah memberikan 150 juta euro kepada organisasi berita Eropa dalam proyek yang membantu mereka beradaptasi dengan dunia digital.

"Kami berkomitmen pada diskusi terus menerus mengenai teknologi dan sektor berita," ujar Pichai, dalam sambutannya di Institut Ilmu Politik Paris yang dikenal dengan Sciences Po.

"Untuk mempromosikan inovasi dalam jurnalisme digital. Dan, memainkan peran kami dalam ekosistem berita yang lebih berkelanjutan," sambung dia.

Dana yang ditawarkan Google bertujuan untuk "merangsang inovasi dalam jurnalisme digital" dan akan menyebar selama tiga tahun mendatang, kata dia.

"Tujuannya adalah untuk memicu pemikiran baru yang bisa datang dari mana saja, memberi organisasi berita dari semua ukuran untuk mencoba hal-hal baru dan mendapatkan proyek yang semula hanya dalam gambaran menjadi produksi," kata Pichai.

"Namun, saya jelaskan: berpartisipasi dalam Digital News Initiative bukan tentang masuk Google. Ini tentang diskusi, debat dan menyelesaikan hal yang dilakukan bersama-sama. Ini terbuka untuk semua orang yang terlibat dalam dunia pemberitaan di Eropa," tambah dia.

Picahi mengatakan pendanaan akan diberikan kepada berbagai organisasi "dari startup kecil hingga besar, maupun organisasi yang telah lama berdiri", termasuk proyek-proyek "mulai dari konten personalisasi otomatis dan jurnalisme robot, hingga aplikasi penghilang tipuan dan alat untuk memverifikasi media sosial dalam pelaporan real-time."

Proyek AFP termasuk "infografis berorientasi berita kualitas tinggi yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa terkini, isu-isu ekonomi, politik dan olahraga," kata AFP dalam keterangan tertulisnya.

Grafis ini akan diproduksi AFP dalam enam bahasa, dan terintegrasi pada platform digital dalam pola yang responsif.

Proyek meliputi pembentukan unit grafis interaktif, pendirian infrastruktur untuk produksi dan penerjemahan, dan platform beta untuk menunjukkan dan mengirimkan produk ke klien.


Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016