Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan bahwa pengembangan budaya daerah dapat menjalankan roda perekonomian daerah yang akan mampu meminimalisir bahkan menghilangkan hal-hal negatif.

"Coba bayangkan jika kreatifitas budaya dan kegiatan positif lain tidak ada, masa sekolah sudah selesai, pekerjaan belum ada, sedangkan tenaga dan pikiran masih muda, banyak menganggur maka pikiran-pikiran yang aneh-aneh akan muncul misalnya berbuat kriminal," katanya saat menghadiri Festival Budaya Kerajaan Sekala Brak Lampung Barat.

Ia mengatakan, kreativitas dan perekonomian rakyat akan berkembang seiring meningkatnya potensi budaya yang diberdayakan.

"Misalnya meningkatnya kerajinan daerah baju adat, suvenir, kain daerah dan sebagainya akan mengangkat perekonomian rakyat itu sendiri," kata dia melalui siaran pers MPR.

Mengingat dampak positifnya yang sangat besar, Zulkifli berharap agar semua pemimpin daerah perduli dan konsisten dalam pengembangan budaya daerahnya.

Ia yakin jika pemimpin sudah memberikan teladan cinta pada budayanya, maka rakyat akan meneladaninya untuk ikut mencintai budaya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015