...ke depan kita buat surat ke MUI dan ormas untuk Shalat Istisqo
Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher akan mengirimkan surat kepada pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan organisasi masyarakata (ormas) Islam untuk melaksanakan Shalat Istisqo atau shalat minta hujan.

"Sebelumnya setiap kabupaten/kota sudah diinstruksikan oleh kita untuk Shalat Istisqo, ke depan kita buat surat ke MUI dan ormas untuk Shalat Istisqo," kata Ahmad Heryawan usai memimpin Shalat Istisqo di halaman depan Gedung Sate Bandung, Jumat.

Ia berharap seusai melaksanakan shalat sunat dua rakaat tersebut Allah SWT akan menurunkan hujan di wilayah Jawa Barat.

"Kalau sekarang kan memang tidak langsung (hujan) seperti zaman nabi ini mungkin karena faktor dosa kita," kata Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan.

Shalat Istisqo, menurut dia, adalah salah satu upaya lain yang bisa ditempuh oleh umat manusia agar diturunkan hujan pada musim kemarau.

Sebelumnya Ahmad Heryawan memimpin pelaksanaan Shalat Istisqa di halaman depan Gedung Sate Bandung, Jumat siang, sebagai upaya meminta hujan pada musim kemarau tahun ini.

Shalat sunat tersebut dilaksanakan usai Shalat Jumat dan diikuti oleh Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Kepala Dinas Satpol PP Jabar Udjawala Prana Sigit, Plt Sekda Jabar Iwa Karniwa, beberapa pejabat Jabar lainnya, serta ratusan PNS di lingkungan Pemprov Jabar.

Mengenakan peci hitam dan baju koko warna putih, orang nomor satu di Jabar tersebut menjadi imam Shalat Istisqa yang dilaksanakan untuk kedua kalinya di Kantor Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat tersebut.

Shalat Istisqa pertama di Gedung Sate dilaksanakan pada 27 Juli 2015 dengan imam shalat Ustad Hilman Rosyad.

Setelah melaksanakan shalat tersebut, Gubernur Jabar memberikan khutbah di hadapan ratusan PNS Pemprov Jabar tentang Shalat Istisqa.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015