Lebak (ANTARA News) - Kepolisian Resor Lebak, Banten, akan mengawal pemudik bersepeda motor yang melintasi daerah itu untuk memperlancar arus lalu lintas.

Lebaran tahun lalu dengan pengawalan petugas pemudik bermotor lancar tanpa ada kecelakaan, kata Kasat Lantas Polres Lebak Iptu Iwan Nurpriyanto, di Lebak, Selasa.

Ia mengatakan, diperkirakan ribuan sepeda motor pemudik akan melintasi wilayah Rangkasbitung.

Mereka pemudik sepeda motor dari Tangerang, Bogor, Jakarta dan Bekasi menuju Kabupaten Pandegang, Serang dan Banten Selatan.

Petugas akan mengawal sepeda motor di titik perbatasan, yakni Rangkasbitung-Cikande hingga Rangkasbitung Pandeglang.

"Kami memprediksikan pemudik yang menggunakan sepeda motor pada arus mudik lebaran tahun 2014 mengalami peningkatan dibanding tahun lalu," katanya.

Menurut dia, mereka para pemudik sepeda motor akan konvoi mulai Cikande dan Cipanas hingga Pandeglang dan Banten Selatan.

Pengawal tetap berada di titik tertentu untuk menyambut pemudik yang berkonvoi dengan sepeda motor.

"Kami mengawal ini hanya pemudik dengan konvoi sepeda motor dalam jumlah banyak," ujarnya.

Ia menjelaskan, pengawalan terhadap iring-iringan pemudik bermotor dilakukan pada setiap perbatasan, yaitu perbatasan Rangkasbitung-Pandeglang dan Rangkasbitung- Cikande.

Pengawalanya dilakukan secara estafet dari titik satu ke titik yang lain.

Mereka para petugas, nantinya hanya mengawal para pengendara dari perbatasan sampai perbatasan saja.

"Kami memberikan pengawalan ini merupakan komitmen Polres Lebak guna kelancaraan lalu lintas juga mencegah kecelakaan," katanya.

Ia menghimbau para pemudik yang merasa sakit atau kelelahan dalam perjalanan sebaiknya istirahat di posko yang telah disediakan Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Posko Polisi.

Apabila, mereka sakit bisa berobat di posko kesehatan itu.

"Kami minta pemudik yang menggunakan sepeda motor agar hati-hati menjalankan kendaraanya karena banyak ditemukan jalan berlubang," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014