... ada banyak perusahaan-perusahaan teknologi raksasa di Amerika Serikat yang ingin bekerja sama dengan Indonesia, di antaranya Lockheed Martin... "
Madiun, Jawa Timur (ANTARA News) - Wakil Duta Besar Amerika Serikat, Kristen Bauer, mendukung kerja sama pengembangan teknologi di perkeretaapian di Kota Madiun. 

Salah satu bentuk dukungan itu kemitraan General Electric (GE) dengan PT INKA dalam memproduksi lokomotif dan produk perkeretaapian lain berteknologi tinggi. Perusahaan kereta api Amerika Serikat, AmTrak, telah lama memakai teknologi terkini perkeretaapian asal negara itu sendiri. 

"Ke depan, ada banyak perusahaan-perusahaan teknologi raksasa di Amerika Serikat yang ingin bekerja sama dengan Indonesia, di antaranya Lockheed Martin dan lainnya," ujar mantan Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya itu.

Dia melakukan kunjungan ke tujuh kota/kabupaten se-Jawa Timur, bertajuk Independence Road Show sebagai bagian perayaan Hari Kemerdekaan ke-238 Amerika Serikat pada 4 Juli nanti.

Biasanya, kunjungan petinggi perwakilan Amerika Serikat di Surabaya itu cuma di Surabaya; kali ini dia yang keliling ke beberapa kabupaten dan kota di Jawa Timur. 

Di Madiun, Bauer langsung datang ke pabrik PT INKA dan melihat proses produksinya. 

Ia menilai PT INKA perusahaan berperan penting dalam pengembangan teknologi perkeretaapian Indonesia pada masa depan.

Direktur Utama PT INKA, Agus Purnomo, bangga dengan kunjungan Bauer itu, sebagai motivasi bagi pengembangan teknologi perkeretaapian.

"Kunjungan ini sangat bagus bagi Kota Madiun yang memiliki potensi di bidang teknologi kereta api," kata Purnomo.

Pewarta: Slamet Sudarmojo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014