Selain menjaga kebersamaan warga, upacara di atas rakit ini bisa mengenalkan lebih luas objek wisata Situ Bagendit
Garut (ANTARA News) - Sejumlah warga dan pelajar menggelar upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-68 Republik Indonesia di atas rakit bambu, danau Situ Bagendit, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu.

Tokoh masyarakat juga panitia pelaksana upacara, Nandang mengatakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di atas rakit merupakan kali pertama digelar melibatkan warga dan pelajar di Kampung Kiaralawang, Desa Sukamukti.

"Upacara di atas rakit ini merupakan inisiatif warga yang ingin suasana baru dalam memeriahkan kemerdekaan Indonesia tahun ini," kata Nandang.

Ia berharap upacara tersebut dapat mengingat kembali jasa besar para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari bangsa penjajah.

Selain itu, ia berharap dapat menjadi semangat baru warga Kiaralawang dalam memperkokoh kebersamaan dan kesatuan bangsa serta menjadi generasi bangsa yang mampu membangun Indonesia menjadi lebih baik.

"Selain menjaga kebersamaan warga, upacara di atas rakit ini bisa mengenalkan lebih luas objek wisata Situ Bagendit," kata Nandang.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih melibatkan Pasukan Pengibar Bendera siswa sekolah Madrasah Aliyah Karya Muda dengan peserta upacara siswa SD dan SMP, tokoh masyarakat dan pemuda.

Upacara yang berlangsung sekitar satu jam itu dilaksanakan seperti upacara umumnya, melantunkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Pancasila, mengheningkan cipta serta doa bersama.

"Upacara di sini sama seperti upacara pengibaran bendera di tempat lain, cuma bedanya di sini digelar di atas rakit pada situ (danau) yang menjadi tempat kebanggaan warga," kata Nandang.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013