"Kita akan selalu pastikan kebijakan ekonomi yang kita tempuh tepat, terukur dan menjawab tantangan"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemerintah selalu memastikan kebijakan ekonomi yang ditempuh tepat, terukur, dan menjawab tantangan, di tengah di tengah situasi ekonomi dunia yang kurang menggembirakan.

"Kita akan selalu pastikan kebijakan ekonomi yang kita tempuh tepat, terukur dan menjawab tantangan," kata Presiden ketika menyampaikan pidato kenegaraan di depan sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah di Gedung MPR/DPR Jakarta, Jumat.

Menurut dia, koordinasi yang baik antara otoritas fiskal, otoritas moneter, dan sektor riil sangat penting dalam menghadapi setiap gejolak ekonomi global.

Dikatakannya, saat ini Indonesia sangat beruntung karena memiliki Forum Stabilitas Sistem Keuangan (FSSK) yang awalnya beranggotakan Pemerintah, Bank Indonesia dan Lembaga Penjamian Simpanan. Ketika krisis subprime mortage pada 2008, lanjutnya, Forum tersebut mampu menyelamatkan perekonomian Indonesia.

"Saya percaya dengan bergabungnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan semakin menguatkan perekonomian Indonesia dalam menghadapi setiap gejolak perekonomian dunia," kata Presiden.

Kepala Negara menyatakan, penguatan ekonomi juga dilakukan melalui kebijakan untuk terus mendorong berkembangnya inovasi, pemanfaatan teknologi, insentif produksi barang setengah jadi (intermediate goods) serta upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Selain itu, tambahnya, ruang fiskal terus diperbaiki melalui peningkatan alokasi anggaran terhadap sektor infrastruktur, perlindungan sosial, transportasi publik dan energi terbarukan.

Pemerintah, menurut Presiden, juga terus memperbaiki kinerja neraca transaksi berjalan melalui peningkatan ekspor, pengelolaan impor, serta perbaikan iklim investasi melalui sejumlah kebijakan fiskal. "Optimalisasi penyerapan anggaran juga terus dilakukan," ujar Yudhoyono.

Pewarta: Subagyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2013