Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan jumlah kasus malaria positif di Indonesia menurun tahun 2012.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, tahun 2012 terdapat sekitar 417 ribu pasien malaria. Tahun sebelumnya, ada 465.764 pasien.

"Di Indonesia angkanya lumayan, tapi penurunannya masih pelan, hanya sekitar 50 ribu," kata Menkes Nafsiah Mboi saat membuka pemutaran perdana film "Mary & Martha" di Erasmus Huis, Jakarta.

Beberapa provinsi di Indonesia masih tinggi tingkat kasus malaria, seperti Papua, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Bangka Belitung, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Selatan.

Menurutnya, faktor lingkungan di daerah-daerah tersebut yang menyebabkan tingginya kasus malaria. "Kalau bersih, malaria tidak bisa hidup di situ," katanya.

Senada dengan Ketua Penyelenggara Kanisius Kami dari Indonesia Malaria Care Foundation (IMCF) dalam sambutan sebelumnya, Menkes menyatakan perlu kerja sama pemerintah dengan masyarakat untuk menangani malaria di Indonesia.

Sebelumnya, Kanisius Kami menyatakan selain tanggung jawab Kemenkes, pemberantasan malaria juga menjadi tanggung jawab masyarakat secara menyeluruh.

"Ini penyakit yang bisa dicegah, bisa diobati, bisa dieliminasi. Kalau kita kerja sama, kita bisa mengalahkannya," tutur Menkes Nafsiah Mboi.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013