Rencananya bedah rumah tidak layak huni tersebut akan dihadiri langsung oleh Menteri Sosial RI, Salim Segaf Al-Jufri bahkan rencananya Mensos juga akan menginap di kampung tersebut,"
Sukabumi (ANTARA News) - Kementerian Sosial RI rencananya membedah atau memperbaiki ratusan rumah tidak layak di Kampung Ciangkrek, Desa Mekarasih, Kabupaten Sukabumi.

"Rencananya bedah rumah tidak layak huni tersebut akan dihadiri langsung oleh Menteri Sosial RI, Salim Segaf Al-Jufri bahkan rencananya Mensos juga akan menginap di kampung tersebut," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi Nasihudin di Sukabumi, Senin.

Ia menjelaskan bedah rumah tersebut merupakan progam Kemensos RI.

Berdasarkan informasi, 100 rumah yang akan dibedah di Kampung Ciangkrek, Kecamatan Simpenan, yang sumber dananya dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Kemensos.

Setiap rumah, katanya, mendapatkan dana Rp10 juta.

Selain itu, 50 rumah lainnya juga di Kampung Ciangkrek itu akan dibedah dengan sumber dana berasal dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) perusahaan swasta yang berdiri atau berinvestasi di Kabupaten Sukabumi.

"Diharapkan bantuan dari Kemensos RI ini bisa mempercepat pembangunan rumah tidak layak huni di Kabupaten Sukabumi yang saat ini jumlahnya mencapai puluhan ribu unit," katanya.

Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Asep Wasit mengatakan berdasarkan pendataan pihaknya bekerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat di setiap pedesaan sampai dengan saat ini tercatat sekitar 40 ribu rumah tidak layak huni dan baru 30 persen yang ditangani atau diperbaiki menjadi rumah layak huni dan sehat.

"Kami akui, untuk pembangunan rumah tidak layak huni ini membutuhkan waktu yang lama, maka dari itu dengan adanya bantuan dari Kemensos RI dan pihak ketiga lainnya bisa meringankan beban APBD Kabupaten Sukabumi dalam mengubah status rumah tidak layak huni menjadi rumah sehat," kata Asep.

(KR-ADR/M029)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013