Mereka (para imigran) yang ditangkap itu kini sedang kami periksa, dan untuk sementara ditampung di Kantor Imigrasi Karawang, dengan dikawal petugas dari Polres Karawang,"
Karawang (ANTARA News) - Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menampung sementara sekaligus memeriksa 18 imigran gelap asal Afghanistan dan Pakistan yang ditangkap di sekitar "rest area" kilometer 88 Tol Purbaleunyi, Kabupaten Purwakarta.

"Mereka (para imigran) yang ditangkap itu kini sedang kami periksa, dan untuk sementara ditampung di Kantor Imigrasi Karawang, dengan dikawal petugas dari Polres Karawang," kata Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Karawang M Tito Andrianto di Karawang, Kamis.

Ia mengatakan, sesuai dengan pemeriksaan sementara, dari 18 imigran gelap itu, sebanyak 17 orang diantaranya berasal dari Afghanistan dan seorang lainnya dari Pakistan. Para imigran tersebut juga memiliki kartu pengungsi dari United Nations High Commissioner for Refugee (UNHCR).

Pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mengenai penangkapan 18 imigran gelap tersebut. Koordinasi dilakukan untuk mengetahui tindakan selanjutnya, dan akan dikirim ke mana para imigran gelap tersebut.

"Untuk sementara, pada malam ini (Kamis malam), para imigran itu akan ditampung tempat penampungan sementara Kantor Imigrasi Karawang," kata Tito.

Sementara itu, jajaran petugas dari Polres Kabupaten Purwakarta menangkap 18 imigran gelap di sekitar rest area KM 88 Tol Purbaleunyi yang berlokasi di wilayah Desa Sukajaya, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, pada Rabu (30/1) malam.

Kasatreskrim Pores Purwakarta, AKP Nanang Sukamajaya, mengatakan, penangkapan para imigran gelap itu dilakukan jajaran Polres Purwakarta setelah mendapat laporan dari masyarakat yang menyebutkan, di daerahnya terdapat sejumlah orang asing.

Setelah mendapat informasi tersebut, petugas langsung datang ke lokasi. Hasilnya, cukup banyak imigran gelap itu yang mengaku dari tempat penampungan di Cisarua, Bogor.

Selanjutnya, kata dia, petugas melakukan penangkapan meski sejumlah imigran itu sempat lari ke pemukiman warga. Petugas sempat melakukan pengejaran bagi mereka yang sempat berlari ke areal pemukiman warga.

Proses pengejaran para imigran yang kabur ke pemukiman warga itu sendiri diakui dilakukan jajaran Polres Karawang hingga Kamis dini hari.
(KR-MAK/M008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013