Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, menyalurkan bantuan senilai Rp700 juta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur untuk membantu penanganan korban bencana alam gempa yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Kami menyampaikan amanat dari warga Depok melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk menyisihkan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) guna membantu masyarakat terdampak gempa di Cianjur," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris di Depok, Kamis.

Baca juga: Wali Kota Depok ajak ASN bantu korban gempa Cianjur

Menurut dia, bantuan untuk masyarakat terdampak gempa itu diserahkan kepada pengambil kebijakan di Cianjur yang lebih paham dan tahu tentang prioritas apa yang perlu dibantu untuk mereka (korban gempa Cianjur).

Ia mengatakan, pemberian bantuan dari Pemkot Depok telah sesuai dengan amanat dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi untuk membantu penanganan korban gempa Cianjur.

Baca juga: PMI Depok kirim 36 kantong jenazah untuk evakuasi korban gempa Cianjur

"Kami menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak gempa untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka," katanya.

Pemkot Depok membentuk Tim Depok Peduli Gempa Cianjur untuk membantu penangan pascagempa bumi yang terjadi di wilayah tersebut. Tim ini terdiri dari berbagai unsur yaitu Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan, Palang Merah Indonesia (PMI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), psikolog, serta Dinas Kesehatan (Dinkes) yang menyiapkan relawan kesehatan dan perlengkapan obat.

Baca juga: Pemkab Cianjur terima donasi Rp14 miliar dari berbagai kalangan

Pemkot Depok juga membuka posko bagi warga Depok yang ingin berdonasi untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur. Posko tersebut berada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Dopok, lantai 1, Komplek Balai Kota Depok.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022