Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (26/9) yang menarik perhatian pembaca dan dapat dibaca pagi ini, di antaranya capaian vaksinasi COVID-19 dan perlindungan hiu berjalan atau Hemiscyllium spp.

1. Per Senin Satgas COVID-19 laporkan capaian dosis ketiga 26,95 persen

Jakarta (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 melaporkan per Senin (26/9), laju suntikan dosis ketiga atau vaksin penguat pertama sudah diberikan pada 26,95 persen dari total warga yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19, yakni sebanyak 234.666.020 orang.

Siaran pers Satgas COVID-19 yang diterima di Jakarta, Senin, menunjukkan jumlah penduduk yang telah mendapat suntikan tiga dosis vaksin COVID-19 tersebut bertambah 55.937 orang menjadi 63.234.035 orang.

Baca juga: Per Senin Satgas COVID-19 laporkan capaian dosis ketiga 26,95 persen

2. Menkes: Bill Gates dukung transformasi kesehatan digital Indonesia

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan program transformasi kesehatan berbasis digital di Indonesia memperoleh dukungan dari salah satu pembuat perangkat lunak Microsoft, Bill Gates.

"Dukungan yang ada, termasuk penguatan layanan primer berbasis pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi kesehatan terkini," ujar Budi Gunadi Sadikin melalui pernyataan tertulis yang dikonfirmasi kepada Biro Humas Kemenkes RI di Jakarta, Senin.

Baca juga: Menkes: Bill Gates dukung transformasi kesehatan digital Indonesia

3. Menteri Agama akan luncurkan peringatan Hari Santri di Pekalongan

Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan meluncurkan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri 2022 di Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid, Pekalongan, Jawa Tengah, pada Selasa (27/9).

"Insya Allah, launching akan dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa malam, 27 September 2022," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani di Jakarta, Senin.

Baca juga: Menteri Agama akan luncurkan peringatan Hari Santri di Pekalongan

4. Senin BMKG prakirakan sebagian besar Indonesia berawan

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca berawan pada Senin.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG melalui laman www.bmkg.go.id di Jakarta, Senin, cuaca berawan diprakirakan akan dialami oleh sejumlah daerah yakni Serang, Yogyakarta, Bandung, Semarang, dan Palangka Raya.

Baca juga: Senin BMKG prakirakan sebagian besar Indonesia berawan

5. Pemerintah sepakati perlindungan hiu berjalan di Malut-Papua Barat

Sorong (ANTARA) - Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut (Dit. KKHL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyepakati status perlindungan penuh bagi hiu berjalan atau Hemiscyllium spp di Halmahera Utara, Maluku Utara dan Raja Ampat, Papua Barat.

Kesepakatan tersebut setelah kegiatan temu pakar untuk usulan inisiatif perlindungan hiu berjalan di Indonesia dan konsultasi publik dengan pemangku kepentingan Maluku Utara dan Papua Barat yang digelar KKHL dan Konservasi Indonesia awal September 2022, demikian rilis yang diterima dari Konservasi Indonesia di Sorong, Senin.

Baca juga: Pemerintah sepakati perlindungan hiu berjalan di Malut -Papua Barat

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022