Lomba makan pempek pertama dengan jumlah peserta ratusan orang
Palembang (ANTARA) - Ratusan warga Kota Palembang, Sumatera Selatan mengikuti lomba makan pempek sebanyaknya-banyaknya dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 tahun.

Perlombaan makan pempek Palembang itu diselenggarakan di kawasan Kampung Kreatif Tanggo Rajo, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, yang di mulai pada Kamis berlangsung hingga Minggu (20/8).

Camat Seberang Ulu I Palembang Mukhtiar di lokasi, Kamis, mengatakan perlombaan tersebut merupakan ide dari sembilan pelaku UMKM pempek di Kampung Kreatif Tanggo Rajo.

Di hari pertama ini, kata dia, kepanitiaan mencatat sekitar sebanyak 400 warga Palembang dari berbagai latarbelakang profesi dan usia mengikuti perlombaan.

Dalam aturannya setiap peserta mesti menghabiskan makanan olahan berbahan dasar sagu dan ikan giling itu sebanyak-banyaknya beserta saus cukanya yang diberikan oleh panitia dalam waktu 7 menit.

“Semua bergembira dan antusias sekali merayakan HUT Kemerdekaan RI, hingga lomba ini kami catat sebagai lomba makan pempek pertama dengan jumlah peserta ratusan orang,” katanya.

Baca juga: Wali Kota Palembang bentangkan Bendera Merah Putih raksasa

Baca juga: Ratusan pelajar di Palembang ikut gerak jalan HUT ke-77 RI


Ia mengatakan tiga orang pemenang lomba bakal mendapatkan uang tunai total jutaan rupiah dan piala yang diumumkan pada Minggu (20/8).

Salah satu peserta lomba Robi (22 tahun) warga Jakabaring, mengaku bukan perkara yang mudah untuk bisa menghabiskan sebanyak-banyaknya pempek buatan Tanggo Rajo karena ukurannya yang besar dan cuka nya cukup pedas.

Dalam perlombaan tersebut, mahasiswa Poltekkes Palembang itu mengaku hanya bisa menghabiskan 15 pempek dalam waktu 7 menit sementara beberapa peserta lain bisa habis lebih dari itu.

"Meski kalah ya beruntung bisa mencicipi pempeknya enak lalu besar-besar dan cukanya pun lezat di Tanggo Rajo ini," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin yang hadir pada kegiatan lomba tersebut, mengatakan akan terus mendorong pelaku UMKM pempek di Kampung Kreatif Tanggo Rajo hingga bisa menjadi destinasi wisata kuliner khas Palembang yang besar.

Dorongan tersebut, kata dia, di antaranya dengan melakukan penataan Kampung Kreatif Tanggo Rajo hingga lebih representatif sehingga bisa menampung para wisatawan nantinya.

“Termasuk pembinaan-pembinaan terhadap seluruh masyarakat Tanggo Rajo dengan literasi bisnis dan kepariwisataan untuk memperkenalkan pempek lebih luas,” kata dia, didampingi Staf Ahli Wali Kota Palembang Bidang Perekonomian, Pembangunan dan, Investasi Letizia.

Baca juga: Mainan kapal khas HUT RI masih diminati anak-anak Palembang

Baca juga: Pemuda Palembang jahit bendera raksasa


 

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022