Capaian ini merupakan bukti kerja keras
Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin mengatakan, capaian vaksinasi COVID-19 dosis penguat di kota setempat menjadi daerah dengan capaian tertinggi di seluruh kabupaten/kota di provinsi setempat.

"Capaian vaksin 'booster' kita tertinggi di Kalimantan Tengah. Saat ini kita berada di angka 86.051 untuk warga yang telah disuntik vaksin dosis ketiga," kata Fairid di Palangka Raya, Kamis.

Sementara itu, capaian vaksinasi di kota setempat pada dosis pertama tercatat 263.781 orang dan pada dosis kedua tercatat 228.047 orang telah divaksinasi.

Pernyataan itu, diungkapkan Fairid usai menerima penghargaan terkait capaian tertinggi vaksin "booster" di wilayah Kalteng. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya perketat pengawasan kegiatan warga cegah COVID-19

Baca juga: Dinkes Kalteng manfaatkan HBKB tingkatkan capaian vaksinasi COVID-19


"Hari ini, terkait penanganan COVID-19, Pemkot Palangka Raya meraih empat kategori penghargaan. Kemudian juga ada satu penghargaan lain yang kami terima terkait upaya penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)," kata Fairid.

Empat penghargaan terkait penanganan COVID-19 yang diterima Pemerintah "Kota Cantik" itu terdiri dari capaian vaksinasi COVID-19 booster bagi remaja dan capaian vaksinasi COVID-19 program gotong royong.

Kemudian capaian vaksinasi COVID-19 booster bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan dan capaian vaksinasi lengkap COVID-19 bagi tenaga kesehatan.

"Capaian ini merupakan bukti kerja keras yang dilakukan seluruh jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya yang didukung berbagai pihak terkait lain. Terutama dalam upaya penanganan dan antisipasi serta pelaksanaan vaksinasi COVID-19," kata Fairid.

Sementara itu, berdasar data Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kalteng, usai Kota Palangka Raya capaian vaksinasi dosis penguat tertinggi kedua di raih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas dengan capaian 80.991 orang.

Capaian vaksinasi dosis penguat tertinggi selanjutnya dicapai Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 75.959 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 63.678 orang dan Kabupaten Seruyan 31.392 orang.

Kemudian tiga daerah di Kalteng dengan capaian vaksinasi dosis penguat terendah yakni di Kabupaten Murung Raya 15.027 orang, Kabupaten Sukamara 18.725 orang dan Kabupaten Pulang Pisau sebanyak 19.517 orang.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo usai menyerahkan piagam penghargaan berharap pemerintah daerah di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" semakin menggencarkan vaksinasi seluruh dosis.

"Vaksinasi merupakan upaya paling ampuh mencegah dan meminimalkan keparahan bagi penderita COVID-19. Saya minta jajaran Pemda di Kalteng semakin menggencarkan vaksinasi agar capaian target dapat segera tercapai," kata Edy.

Baca juga: Perjalanan luar daerah penyebab tambahan COVID-19 di Palangka Raya

Baca juga: Wali Kota: 17.203 pasien COVID-19 di Palangka Raya berhasil sembuh

 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022