Disiapkan cara bertindak (CB) apabila didapati hal-hal yang tidak diharapkan.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor Malang menyiapkan ribuan personel untuk mengamankan laga final Piala Presiden leg pertama di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (14/7).

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat di Kabupaten Malang, Selasa, menyebutkan sedikitnya 3.000 personel gabungan akan mengamankan laga final leg pertama tuan rumah Arema FC melawan Borneo FC.

"Rencana akan diterjunkan dua hingga tiga kali lipat personel gabungan saat pengamanan semifinal untuk laga final tersebut," kata Ferli.

Pada saat pelaksanaan pertandingan semifinal turnamen pramusim Piala Presiden 2022 antara Arema FC dan PSIS Semarang, kata dia, ada 1.223 personel gabungan untuk mengamankan laga tersebut.

Menurut dia, ribuan personel yang disiapkan itu bertujuan agar terciptanya situasi yang aman, nyaman, dan kondusif pada pelaksanaan final leg pertama Piala Presiden.

Ribuan personel yang akan mengamankan laga final itu, juga dibantu oleh kepolisian dari sejumlah wilayah.

"Pada semifinal, kami sukses mengamankan jalannya pertandingan. Ke depan kami siap untuk (mengamankan) partai final. Personel nanti akan dibantu dari sejumlah wilayah, seperti Kota Malang, Kota Batu, Pasuruan, dan Blitar," katanya.

Selain pihak kepolisian dan TNI, personel gabungan juga akan dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, tenaga kesehatan, dinas perhubungan, serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang.

Ribuan personel yang diterjunkan dalam pengamanan laga final tersebut, kata dia, perlu mengingat antusiasme pendukung Arema FC yang biasa dikenal dengan sebutan Aremania sangat tinggi.

"Antusias suporter sangat tinggi. Hal tersebut juga terlihat pada laga semifinal Arema FC melawan PSIS Semarang," katanya.

Dalam upaya untuk melakukan pengamanan laga final tersebut, menurut Ferli, ada sejumlah pola tertentu, di antaranya adalah penempatan personel di area dalam maupun di luar stadion.

"Hal itu termasuk disiapkan cara bertindak (CB) apabila didapati hal-hal yang tidak diharapkan," ujarnya.

Arema FC melaju ke babak final turnamen pramusim Piala Presiden 2022 usai mengalahkan PSIS Semarang pada dua laga yang dilakoninya. Arema FC menang secara agregat 4-1 atas skuad berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut.

Pada laga pertama, Arema FC membungkam PSIS dengan skor 2-0 pada saat bermain di Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, dan kembali memenangi pertandingan dalam laga kedua dengan skor 2-1 yang digelar di Stadion Kanjuruhan Malang.

Sementara itu, Borneo FC melaju ke partai final setelah membungkam PSS Sleman dengan skor 6-0. Pada laga pertama, Borneo FC menang 2-0 atas PSS Sleman, dan dalam pertandingan kedua tim berjuluk Pesut Etam tersebut menggilas PSS Sleman dengan empat gol tanpa balas.

Baca juga: Arema FC puas melaju ke final Piala Presiden 2022
Baca juga: Borneo FC target menang di kandang PSS


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022