Banjarmasin (ANTARA) - Ketua Tim Pengawas Evaluasi dari Staf Teritorial Angkatan Darat (Sterad) Kolonel Kav Sugi Mulyanto mengajak masyarakat untuk bisa merawat pekerjaan dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) karena merupakan hasil keringat bersama rakyat.

"Mari kita merawat hasil TMMD agar dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang karena ini terwujud dari keringat bersama," kata dia di Marabahan, Ahad.

Saat mengecek proses TMMD ke-113 di Kodim 1005/Barito Kuala yang bertempat di Desa Karang Mekar, Kecamatan Mekarsari, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Sugi berharap kepedulian dan merawat hasil TMMD bisa terus ditingkatkan.

Dikatakannya, setiap proyek pemerintah termasuk TMMD didanai dari uang rakyat dan hasilnya untuk rakyat sehingga wajib bagi masyarakat memeliharanya sebagai wujud nyata rasa syukur atas pembangunan yang telah berjalan.

Baca juga: TMMD beri layanan kesehatan dari rumah ke rumah

Baca juga: TNI AD rehabilitasi rumah warga Wondama Papua Barat


Kepada prajurit TNI dan seluruh personel gabungan yang terlibat seperti Polri dan pemerintah daerah, dia berpesan agar senantiasa memupuk semangat gotong royong dan memelihara kemanunggalan TNI dengan rakyat agar TMMD di Barito Kuala berjalan lancar.

Sugi menyebut tujuan TMMD ke-113 untuk membantu percepatan pembangunan di daerah, membantu kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Adapun sasaran TMMD dipilih berdasarkan skala prioritas. Kemudian diteliti dan dipadukan dengan program daerah selanjutnya dibahas di DPRD untuk diserahkan ke pemerintah daerah guna program TMMD.

Untuk Desa Karang Mekar, sasaran fisik TMMD antara lain rehab masjid, pengerasan jalan, rehab pos kamling dan fasilitas umum mandi, cuci, kakus (MCK). Kemudian pembuatan sumur oleh Kodim 1005/Barito Kuala agar masyarakat setempat bisa mendapatkan air bersih lebih optimal.*

Baca juga: Dandim 1801/Manokwari berangkatkan 38 personel Satgas TMMD-113

Baca juga: TNI laksanakan TMMD bekas rute gerilya Panglima Besar Sudirman

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022