Ambon (ANTARA News) - Para musisi dan penyanyi yang tampil pada pergelaran Ambon Jazz Plus festival (AJPF) 2011 menggelar "Tangan untuk Persaudaraan" (hands for brotherhood).

Kegiatan ini diikuti Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu bersama Direktur Festival AJPF Andre Hehanusa, puluhan musisi, dan ratusan warga berpegang tangan.

Mereka membentuk lingkaran besar mengelilingi lokasi konser AJPF di areal Pattimura Park demi menyatakan perdamaian dan persaudaraan. Puluhan wisatawan asing yang menyaksikan konser musik terakbar di Ambon itu, juga turut berbaur dan berpegangan tangan bersama masyarakat.

Ditemani gitar kesayangannya Andre Hehanussa menyanyikan tambang "Oh Maluku" yang menggambarkan keragaman budaya orang Maluku tetapi tetap terikat dalam hubungan basudara (bersaudara) dan sering dinyanyikan dalam setiap acara pernuansa kedaerahan.

Dengan suara merdunya, Andre Hehanussa juga menyanyikan lagu "Gandong" yang menceritakan tentang budaya leluhur Pela-Gandong yang mengikat warga Maluku dalam tali persaudaraan sejati, tanpa memandang suka, agama, ras dan antar golongan (SARA).

"Katong (kita) semua basudara (bersaudara) dalam ikatan Pela-Gandong," ujar Andre Hehanussa dan Andy Manuhuttu.(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011