Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 172 mahasiswa penerima beasiswa Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan (TELADAN) yang berasal dari sembilan mitra perguruan tinggi dikukuhkan secara virtual, Selasa.

“Program beasiswa ini bertujuan agar para mahasiswa penerima beasiswa bisa bermanfaat lebih banyak kepada masyarakat dan lingkungan. Kami bersyukur bisa memberikan beasiswa pada mahasiswa sebagai bentuk sumbangsih kami agar tercipta sumber daya manusia yang unggul, yang bisa memberikan kontribusi secara berkelanjutan kepada pembangunan di Indonesia,” ujar CEO Global Tanoto Foundation, Dr J.Satrijo Tanudjojo, dalam sambutannya.

Baca juga: TSG 2021 semai generasi pemimpin masa depan bangsa

Sembilan mitra perguruan tinggi tersebut, yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Sumatra Utara, Institut Teknologi Bandung, IPB University, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Andalas, dan Universitas Riau.

Program itu bertujuan untuk mencetak generasi pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki sembilan karakter utama, yaitu kompetensi, mampu membangun integritas, peduli sesama, inovatif, ketekunan dan daya juang, jiwa pemberdaya, berwawasan internasional, motivasi kuat, serta sikap wirausaha. Para peserta program diharapkan nantinya memberikan dampak dan kontribusi berarti bagi masyarakat.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dalam sambutannya yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Kementerian Desa PDTT, Bito Wikantosa mengatakan mahasiswa memiliki peran yang sangat penting agar Indonesia bisa mencapai target pembangunan berkelanjutan.

“Pembangunan berkelanjutan bisa dimulai dari desa. Karena itu, para mahasiswa utamanya penerima Beasiswa TELADAN dari Tanoto Foundation, untuk tidak melupakan daerah asalnya,” kata Bito.

Baca juga: Tanoto Foundation buka Beasiswa Kepemimpinan TELADAN 2022

Baca juga: Beasiswa Teladan diharapkan mampu cetak pemimpin berkarakter


Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University Drajat Martianto yang juga menjadi perwakilan universitas penerima beasiswa menyampaikan terima kasih kepada Tanoto Foundation yang selalu konsisten memberikan beasiswa kepada para mahasiswa.

“Kami juga ucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah terpilih mendapatkan beasiswa,” kata Drajat Martianto.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung Jaka Sembiring mengapresiasi program beasiswa tersebut, sekaligus berharap agar para penerima beasiswa itu bisa lebih bersemangat untuk berkontribusi ke masyarakat.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022