Informasi terakhir yang kami terima, 118 penumpang dan 23 kru kapal tersebut sudah dievakuasi atau dipindah ke kapal penolong, yakni Kapal Pemudi dan Kapal Dharma Kartika.
Sumenep (ANTARA News) - Penumpang Kapal Mustika Kencana II yang terbakar di Perairan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin siang, sudah dievakuasi ke kapal penolong.

Syahbandar Kalianget, JA Turmanto menjelaskan, kapal milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) itu terbakar di utara Pulau Raas pada Senin pagi.

"Informasi terakhir yang kami terima, 118 penumpang dan 23 kru kapal tersebut sudah dievakuasi atau dipindah ke kapal penolong, yakni Kapal Pemudi dan Kapal Dharma Kartika," ujarnya di Sumenep.

Secara keseluruhan, kata dia, terdapat tiga kapal penolong yang dikerahkan oleh Syahbandar Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, yakni satu unit kapal tunda dan dua kapal penumpang.

"Upaya komunikasi kami dengan nahkoda kapal sering terputus. Namun, informasi terakhir yang kami terima, semua penumpang Kapal Mustika Kencana II dalam kondisi selamat dan sudah berada di dua kapal penolong," katanya.

Sementara itu, kapal Mustika Kencana II yang terbakar masih berada di posisi sekitar 40 mil sebelah utara Pulau Raas.

"Kami masih terus berkoordinasi dengan nahkoda kapal. Informasi yang diterima kami dari staf Kantor Syahbandar Tanjung Perak, para penumpang Kapal Mustika Kencana II akan transit lebih dulu di Kalianget," ujarnya.

Kapal Mustika Kencana II berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak pada Minggu (3/7) dengan tujuan ke Makasar.

Selain penumpang dan kru, kapal tersebut juga mengangkut puluhan kendaraan bermotor.

"Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya jika evakuasi penumpang kapal yang terbakar tersebut singgah ke Kalianget," kata Turmanto menambahkan.

(KR-DYT)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011